Manado (ANTARA News) - Sejumlah umat Kristen Katolik di Manado, Sulawesi Utara (Sulut) mulai memadati Gereja-Gereja di daerah itu, guna mengikuti Misa "Kamis Putih".

Pantauan ANTARA, Kamis di Manado, Gereja Santo Joseph yang terletak di jalan Bethesda Manado, mulai dikunjungi warga guna memperingati detik-detik kematian Kristus di Kayu Salib.

Kedatangan umat Katolik untuk beribadah usai mengikuti hajatan politik pemungutan suara Pemilu 2009, yang digelar serentak di Indonesia, 9 April 2009.

Peringatan Misa Kamis Putih merupakan awal kesengsaraan dialami Kristus di Kayu Salib, sehingga harus diperingati secara hikmah, kata Benhard, salah satu jemaat Katolik Santo Joseph.

Sementara di Katedral Manado yang terletak di jalan Sam Ratulangi, umat Katolik juga mulai memadatinya, sambil membawa lilin dan obor sebagai bentuk peringatan terhadap kesengsaraan Kristus di Kayu Salib.

Pastor Katolik Santo Joseph Manado, Jo Ansow mengatakan, peringatan Misa Kamis Putih untuk melakukan perjamuan kudus dengan melambangkan darah dan daging, sebelum Yesus mati di Kayu Salib.

Kami berharap umat Kristen mengilhami betul kematian Kristus untuk menebus dosa umat manusia, sehingga harus diperingati secara khusyuk.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009