Jayapura (ANTARA News) - Masyarakat Kota Jayapura antusias mengikuti perkembangan penghitungan suara di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kepada ANTARA di Jayapura, Jumat, seorang warga Kota Jayapura, Dahlan mengakui penasaran dengan hasil penghitungan suara baik di TPS tempatnya mencentang maupun di beberapa TPS lainnya.

"Saya ingin tahu karena ada saudara dan teman saya yang jadi caleg," ujarnya.

Dia mengatakan, mengikuti perkembangan penghitungan suara melalui saluran telepon seluler dan pesan layanan singkat kepada beberapa anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang dikenalnya sejak penghitungan suara dimulai hingga dinyatakan selesai antara pukul 21.00 sampai 22.00 WIT, Kamis malam (9/4).

Walaupun partai politik yang mengusung anggota keluarganya tidak mendapatkan jumlah suara yang dominan berdasarkan data dari beberapa TPS yang dihubunginya, dia merasa puas karena dapat mengetahui secara langsung dan cepat.

Sedangkan untuk mengetahui hasil penghitungan suara secara nasional, dia beserta warga di sekitar tempat tinggalnya berkumpul untuk menyaksikan melalui tayangan televisi.

Sementara itu, seorang warga, Thomas bersama sekelompok pemuda lainnya juga mengikuti perkembangan penghitungan suara dengan mengunjungi setiap TPS di seputaran Kota Jayapura dengan mengendarai sepeda motor sejak Kamis (9/4) sore, pukul 17.00 hingga tengah malam.

"Kami ingin tahu hasil sementara penghitungan suara. Supaya lebih seru kami sengaja pakai motor sekalian jalan-jalan karena libur panjang," katanya.

Suasana Kota Jayapura mulai ramai menjelang sore hari dengan dibukanya pertokoan di sepanjang jalan utama Kota Jayapura setelah sejak pagi banyak yang tutup karena partisipasi masyarakat untuk mengikuti Pemilu legislatif 2009.(*)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009