Tapaktuan (ANTARA News) - Berdasarkan rekapitulasi perolehan suara sementara dari Tim Koordinasi Kelancaran Penyelenggaraan Pemilu 2009 (TKKPP) Kabupaten Aceh Selatan, Partai Demokrat dan Partai Aceh (PA) mendominasi perolehan suara Pemilu Legislatif 2009.

Kedua partai mendominasi perolehan suara di kecamatan Labuhan Haji, Labuhan Haji Barat, Labuhan Haji Timur, Kluet Utara, Bakongan Timur, Bakongan Timur, Trumon dan Trumon Timur.

Persaingan ketat juga terjadi antara Partai Amanat Nasional (PAN) dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) serta Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN).

Berdasarkan rekapitulasi TKKPP Aceh Selatan untuk dua daerah pemilihan, Demokrat memperoleh 1.580 suara (42,23 persen) untuk kursi DPR Pusat, Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) 296 suara (5,48 persen) dan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) 189 suara (3,77 persen).

Sementara DPRA dari Partai Aceh mendapat 3.150 suara (58,35 persen) dan DPRK meraih 2.432 suara (48,51 persen). Kemudian, PAN untuk DPR-RI 859 suara (22,96 persen), DPRA 295 suara (5,46 persen) dan DPRK 395 suara (7,88 persen).

"Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) masih merekapitulasi hasil pencontrengan suara sehingga rekapitulasi yang kami peroleh dapat berubah setiap saat," kata Ketua TKKPP Aceh Selatan H Harmaini.

Sementara itu Ketua KIP Aceh Selatan, Lian Azwin mengatakan seluruh TPS telah menyelesaikan penghitungan suara dan telah dikirim ke PPK.

"Ke-408 TPS di Aceh Selatan telah menyelesaikan penghitungan suara dan telah merekapnya. Saat ini kami masih menunggu hasil rekapitulasi dari 16 PPK," katanya.

Menurut Lian Azwin, pelaksanaan pemilu legislatif di kabupaten pesisir barat dari wilayah selatan Nanggroe Aceh Darussalam itu berjalan lancar, aman dan sukses. (*)

Pewarta: jafar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009