Jakarta (ANTARA News) - Unggulan pertama ganda putra, Markis Kido-Hendra Setiawan, meraih tempat final kejuaraan bulu tangkis Asia setelah mengalahkan pasangan China, Chai Biao-Liu Xiaolong 21-17, 21-15 pada semifinal di Suwon, Korea, Sabtu.

Pada final, pasangan peringkat satu dunia asal Indonesia itu akan menghadapi salah satu dari dua ganda Korea, Hwang Ji Man-Han Sang Hoon atau unggulan delapan Ko Sung Hyun-Yoo Yeon Seong yang belum bertanding.

"Ya, bermain maksimal saja," kata Kido pendek saat ditanya mengenai persiapan menghadapi pasangan tuan rumah di final.

Kido juga mengaku permainannya sudah lebih baik dibanding pada babak-babak awal saat ia dan pasangannya harus bermain tiga game untuk meraih kemenangan.

"Mudah-mudahan besok lebih enak lagi," katanya.

Tuan rumah Korea dipastikan merebut gelar ganda campuran setelah memastikan final antar pasangan Korea, antara unggulan pertama Lee Yong Dae-Lee Hyo Jung dengan Yoo Yeon Seong-Kim Min Jung.

Lee Yong Dae-Lee Hyo Jung menang atas pasangan China Tao Jiaming-Ma Jin 21-16, 21-18, sedangkan Yoo Yeon Seong/Kim Min Jung menyisihkan ganda Jepang Noriyasu Hirata-Miyuki Maeda dengan kemenangan 21-15, 21-15.

Sementara sektor tunggal putri sepenuhnya milik China setelah negara bulutangkis terkuat itu menempatkan pemainnya pada seluruh keempat posisi semifinalis.

Unggulan ketiga Wang Lin akan memperebutkan satu tempat di final dengan rekan senegaranya unggulan keenam Zhu Lin, sedangkan unggulan kelima Xie Xinfang bertemu unggulan delapan Wang Yihan pada semifinal lainnya.

China juga memastikan meraih gelar tunggal putra setelah unggulan keempat Bao Chunlai mengalahkan pemain Jepang unggulan sembilan Sho Sasaki 22-20, 21-10, dan pada final akan bertemu dengan Chen Long yang mengalahkan Du Pengyu 21-16, 28-26.
(*)

Pewarta: imung
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009