Bandung (ANTARA News) - Tiga gunung berapi, yaitu Gunung Semeru, Karangetang dan Ibu, masih dalam status siaga atau level III, kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono di Bandung, Minggu.

"Ketiganya masih terus diawasi intensif karena aktivitas vulkaniknya belum turun, perkembangannya terus diantisipasi," tuturnya.

Gunung Semeru berstatus siaga sejak 6 Maret 2009, sedangkan Gunung Karangerang sejak 2 Desember 2008 dan Gunung Ibu berstatus siaga sejak 21 April 2008.

Aktivitas normal Gunung Semeru adalah memiliki letusan periodik 15 menit sekali, namun kini frekuensinya menurun karena ada pengumpulan energi pada magma, sedangkan letusan Gunung Karangetang dan Gunung Ibu berupa material abu.

Selain ketiga gunung api itu, PVMBG juga mengamati 11 gunung lain berstatus waspada atau level II yakni Gunung Soputan, Dukono, Anak Krakatau, Egon, Gamkonora, Papandayan, Lokon, Talang, Kalud, Kerinci dan Gunung Bromo.

PVMBG mengimbau masyarakat di kawasan gunung berapi berstatus siaga maupun waspada untuk tenang dan beraktivitas seperti biasa.

"Jangan terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Tetap berkoordinasi dengan Satlak PBA dan Posko Pengamatan Gunung Api terdekat," kata Kepala PVMBG. (*)

(S033)





NNNN



Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009