London, (ANTARA News) - Pemain asal Italia berusia 17 tahun Federico Macheda menyelamatkan Manchester United pada pertandingan liga utama Inggris, Sabtu waktu setempat, setelah dia mencetak gol penentuan kemenangan 2-1 di Sunderland pada menit ke-76.

Macheda yang secara brilian juga sempat menyelamatkan muka Manchester United akhir pekan lalu ketika timnya mengalahkan Aston Villa 3-2, juga ikut andil dalam terjadinya gol awal bagi Manchester United yang dicetak Paul Scholes pada menit ke-19, demikian diwartakan Reuters.

Sementara itu, Liverpool menang besar atas Blackburn Rovers 4-0 di kandang, dimana Fernando Torres ikut membantu menyumbangkan dua gol, sedangkan Chelsea yang sempat memimpin 4-0 atas Bolton Wanderers, akhirnya harus puas dengan kemenangan 4-3 setelah Bolton mampu memperkecil ketertinggalannya.

Manchester United yang masih memiliki satu pertandingan kandang, tetap berada di puncak klasemen dengan 71 poin dan Liverpool berada di posisi kedua dengan 70 poin. Disusul Chelsea di urutan ketiga dengan 67 dan Arsenal di tempat keempat dengan 61 setelah tim itu mampu bangkit untuk memukul Wigan Atheltic 4-1.

Sementara itu Newcastle United memastikan poin pertama mereka di bawah pelatih Alan Shearer dengan bermain imbang 1-1 di Stoke City dan Middlesbrough meraih kemenangan kedua mereka selama 20 pertandingan liga dengan mengalahkan Hull City 3-1.

Kedua klub itu tetap berada di zona degradasi, namun masih memiliki enam kali pertandingan yang tersisa.

Manchester United yang sempat kalah dari Liverpool dan Fulham pada pertandingan lalu sebelum bangkit dengan mengalahkan Villa, tampil kurang greget meskipun sempat unggul terlebih dahulu melalui gol yang dicetak Scholes dengan sundulan kepala.

Pertahanan rapuh


Sunderland yang tampil bertahan mampu menyamakan kedudukan pada 10 menit setelah memasuki babak kedua.

Namun Manchester United memastikan kemenangan mereka melalui Macheda yang bekerjasama apik dengan Berbatov dan Michael Carrick.

"Begitu bola mendatanginya, dia langsung menyambut dengan kakinya, dan itu naluri dari seorang striker," kata pelatih Manchester United Alex Ferguson.

"Naluri membuat gol serta pergerakan langkahnya, hari ini ada padanya. Dia tidak sungkan-sungkan berada di sekitar para pemain handal," katanya sambil menambahkan bahwa pemain itu didapat dari Lazio saat dia berusia 15 tahun.

Sementara itu Chelsea yang masih segar setelah kemenangan 3-1 atas Liverpool di Liga Champion, tampak bakal menang besar setelah satu jam dari jalannya pertandingan, Michael Ballack, Didier Drogba yang mencetak dua gol serta Frank Lampard dengan gol penaltinya, membuat timnya memimpin sementara 4-0.

Namun setelah itu pertahanan Chelsea menjadi rapuh, lini pertahanan tim itu terus ditekan Bolton dan akhirnya kebobolan tiga gol dalam waktu sembilan menit, dimana Andy O`Brien, Chris Basham dan Matt Taylor mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 4-3 hingga berakhirnya pertandingan.

"Kami bahkan melemah di seluruh lini dan itu yang membuat mereka mampu mencetak tiga gol, ini tidak bisa dipercaya untuk pertandingan setingkat ini," kata Hiddink.

"Pertahanan kami juga buruk, di tengah dan juga depan -- ini pelajaran yang berharga," tambahnya.(*)

Pewarta: imung
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009