Garut (ANTARA News) - Puncak arus balik Pemilu termasuk liburan panjang, memacetkan arus lalulintas ruas jalan provinsi antara Kabupaten Garut dengan Bandung, bahkan hingga Minggu malam terpaksa dilakukan buka-tutup di persimpangan jalan Nagrek.

Kondisi laju kendaraan yang padat merayap mulai berlangsung dari Kecamatan Kadungora Garut hingga ruas Parakan Muncang Bandung, yang juga mengakibatkan banyak mobil mogok di tanjakan Nagrek, demikian pemantauan ANTARA di lapangan Minggu malam.

Akibat lainnya, arus kendaraan dari arah Bandung tujuan Garut dan Tasikmalaya melalui lintasan Ciawi menjadi tersendat, sehingga terjadi antrian panjang sejauh belasan kilometer.

Kemacetan serupa juga berlangsung menjelang memasuki wilayah Jatinangor, sehingga arus kendaraan dari arah Cirebon menjadi terhambat, karena terpaksa terjebak pada kecepatan padat merayap.

Selain banyak calon penumpang kendaraan umum yang hendak kembali bekerja atau kuliah di Bandung, ratusan hingga ribuan mobil pribadi juga sangat deras melintas dari arah selatan ke barat, memburu dimulainya hari kerja Senin (13/4).(*)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009