Pamekasan (ANTARA News) - Ribuan orang di wilayah Kecamatan Batumarmar, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, mendatangi kantor panitia pemilihan kecamatan (PPK) di wilayah tersebut.

Selain untuk menyaksikan secara langsung proses rekapitulasi manual di tingkat kecamatan yang dilakukan pihak PPK Batumarmar, kedatangan ribuan orang di kecamatan paling utara Kabupaten Pamekasan ini juga karena beredar kabar akan ada indikasi kecurangan dalam proses penghitungan.

"Saya segaja mengirim mereka untuk mengamankan perolehan suara saya di sana," kata Munaji, caleg dari Partai Bintang Reformasi (PBR) di daerah pemilihan (dapil) 5 yang meliputi Kecamatan Batumarmar, Pasean dan Kecamatan Wari, Senin malam.

Banyaknya warga yang mendatangi kantor kecamatan untuk menyaksikan secara langsung proses rekapitulasi manual PPK ini bukan hanya di wilayah Kecamatan Batumarmar, tapi juga di dua kecamatan lain di wilayah utara Pamekasan. Seperti di Kecamatan Pasean dan Kecamatan Waru.

Meski demikian, kondisi di tiga kecamatan tersebut hingga pukul 21.50 WIB masih terpantau kondusif dan tidak ada tanda-tanda akan terjadinya gejolak massa.

Sementara polisi telah menerjunkan sebanyak 250 personel guna mengamankan pelaksanaan rekapitulasi di tiga kecamatan tersebut, termasuk 30 bantuan pasukan brimob bantuan dari Mapolwil Madura.

Total jumlah pasukan yang dikerahkan jajaran Polres Pamekasan untuk mengamankan pelaksanaan rekapitulasi manual yang juga digelar di tiga kecamatan lain di Pamekasan, sebanyak 400 personel.

"Kalau di wilayah selatan kami hanya menerjunkan 150 personel. Soalnya disana tidak terlalu mengkhawatirkan dibanding dengan wilayah utara," katanya.(*)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009