Jakarta (ANTARA News) - Operator seluler PT Telkomsel siap membidik sekitar 21 juta anggota Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), khususnya di daerah terpencil untuk menjadi pelanggannya.

"Kami siap menyediakan solusi telekomunikasi bagi koperasi di seluruh Indonesia," kata Direktur Utama Telkomsel, Sarwoto Atmosutamo, di Jakarta, Rabu.

Menurut Sarwoto, kerja sama ini merupakan bentuk dukungan Telkomsel terhadap perkembangan yang merupakan sendi perekonomian Indonesia.

Ia menjelaskan, anggota koperasi yang akan dibidik terutama yang berada di daerah-daerah terpencil, dimana Telkomsel sebagai pemenang tender USO (universal service obligation) berkewajiban untuk membuka jaringan telekomunikasi di 24.051 desa di seluruh Indonesia.

Layanan telekomunikai meliputi layanan HALO Koperasi Closed Group, T-Cash & Remittance, push email, dan layanan untuk pengembangan komunitas koperasi di daerah USO.

Sementara itu, Ketua Umum Dekoipin, Adi Sasono menuturkan, total anggota Dekopin saat ini mencapai 35 juta yang tersebar di seluruh tanah air.

"Pengembangan koperasi sangat penting karena sektor ini mampu memberi sumbangan terhadap pertumbuhan ekonomi dan terbukti lebih tahan terhadap krisis keuangan," kata Adi Sasono.

Akses telekomunikasi yang lebih menyeluruh terutama bagi koperasi yang ada di daerah terpencil demi meningkatkan nilai ekonomis kegiatan usaha mereka.

Menurutnya, setiap pertumbuhan satu persen sektor telekomunikasi maka akan menyumbang sekitar tiga persen pertumbuhan ekonomi.

Dengan layanan telekomunikasi secara menyeluruh mulai solusi komunikasi suara hingga internet, dipastikan dapat mempermudah koperasi di desa terpencil mengembangkan usaha.

Menurut Adi, layanan Telkomsel yang bisa langsung diimplementasikan adalah pengiriman uang melalui ponsel. Selain itu juga bisa memanfaatkan akses internet untuk memasarkan produk mereka.

Kerjasama Telkomsel dengan Dekopin merupakan bentuk kelanjutan komitmen Telkomsel dalam mendukung sendi-sendi perekonomian bangsa khususnya koperasi maupun usaha kecil menengah (UKM).

Sebelumnya di tahun ini, Telkomsel juga telah mendukung Hipmi (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) untuk para anggotanya yang umumnya adalah UKM dan wiraswastawan dalam mendapatkan solusi komunikasi untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Hingga akhir Maret 2009, jumlah pelanggan seluler Telkomsel tercatat 72 juta nomor.
(*)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009