London (ANTARA News/AFP) - Arsene Wenger menyatakan Arsenal masih merupakan "super pihak luar" untuk menjuarai Liga Champions, meskipun tim asuhannya berhasil menyingkirkan Villareal, 3-0 untuk maju ke semifinal melawan Manchester United.

The Gunners sedang dalam kondisi terbaik mereka saat melakukan pertandingan kedua di perempatfinal Liga Champions hari Rabu di Stadion Emirates. Tiga gol dari Theo Walcott, Emmanuel Adebayor, dan Robin van Persie mendepak klub Spanyol asuhan Manuel Pellegrini itu dari ajang Liga Champions itu.

Setelah terpuruk di paruh pertama musim ini, Arsenal tampak mencapai kondisi puncaknya di saat yang tepat. Mereka tak terkalahkan dalam 18 pertandingan di ajang Liga Utama Inggris dan kini berhasil maju ke semifinal Liga Champions serta akan bertanding di semifinal Piala FA melawan Chelsea.

Dengan Walcott, Adebayor, dan barangkali yang paling penting Cesc Fabregas semuanya pulih dari cederanya, Arsenal tampaknya akan mampu mengakhiri penantian empat tahun mereka untuk merebut trofi.

Tim asuhan Wenger itu juga mempunyai keuntungan untuk melakukan pertandingan kedua melawan Manchester United di stadion Emirates, tempat mereka mengalahkan juara Eropa itu 2-1 musim ini.

Tetapi Bos the Gunners itu mengakui mengalahkan Manchester United merupakan tantangan paling keras yang dihadapi timnya yang terdiri atas para pemain muda.

"Saya tidak akan berspekulasi tentang kelemahan manchester United. Kami menduga mereka akan kuat saat melawan kami dan itu mestinya mendorong kami untuk menampilkan permainan terbaik," kata Wenger. "Karena itulah bagaimana kami akan mempersiapkan pertandingan itu. Kami masih super pihak luar.

"Akan sulit melawan tim Inggris di Eropa, karena mereka akan mempunyai kualitas, tetapi saya yakin bila Anda ingin terus melaju di ajang Liga Champions, Anda harus memainkan suatu tim Inggris di beberapa tahap.

"Ini merupakan suatu ujian, tetapi saya kira merupakan suatu tantangan dan kami akan senang menghadapinya.

"Tim-tim selalu menghasilkan suatu pertandingan tyang sangat menarik, jadi pertandingan itu akan merupakan pertandingan semifinal yang menjanjikan. Kami siap menghadapi tantangan itu," katanya.

Wenger sejak lama dan kadangkala melakukan persaingan sengit dengan pelatih Manchester United Sir Alex Ferguson. Bos Arsenal itu menghakui bahwa harga final Liga Champions itu akan dapat membuka kembali luka lama, tetapi ia lebih mempedulikan untuk terus menjaga para pemainnya di kindisi puncak fisiknya menghadapai pertandingan pertama di Old Trafford pada 29 April.

"Sejarah itu selalu merupakan bagian kecil untuk dimainkan," katanya. "Tetapi, kami sedang bersaing memperebutkan piala untuk bertanding selama 180 menit. Yang lebih penting ialah kondisi sekarang ini.

"Kami sama-sama masuk semifinal Piala FA dan harus bertanding. Secara fisik akan mempunyai pengaruh besar," katanya.

Wenger ingin tetap fokus pada pertandingan akhir pekan ini di Wembley melawan Chelsea sebelum merencanakan pertandingan di Old Trafford.(*)

Pewarta: imung
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009