Yogyakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) Sutrisno Bachir tidak menghadiri pertemuan dengan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN se-Indonesia di rumah Ketua Majelis Penasihat Partai (MPP) DPP PAN Amien Rais.

"Sebenarnya Sutrisno Bachir juga diundang, tetapi beliau izin tidak bisa hadir dalam pertemuan karean sedang memantau rekapitulasi perolehan suara PAN di Jakarta," kata Amien sebelum pertemuan di kediamannya Pandeansari, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta, Minggu.

Ia mengatakan, pertemuan dengan DPW PAN se-Indonesia itu hanya sebagai ajang silaturahmi dan tukar pendapat terkait dengan hasil perolehan suara partai berlambang matahari bersinar dalam Pemilu Legislatif 2009.

Pada Pemilu Legislatif 1999, PAN memperoleh 36 kursi DPR dan pada 2004 meningkat menjadi 53 kursi DPR, tetapi tahun ini perolehan PAN kemungkinan berada di bawah 50 kursi DPR.

"Namun, hasil Pemilu Legislatif 2009 tidak perlu kita sesali atau ratapi, apalagi saling menyalahkan, kita bangga para caleg bekerja habis-habisan untuk memperbesar PAN, yang penting kita jangan menggantang asap," katanya.

Meskipun perolehan suara tidak seperti yang diharapkan, suara yang diperoleh masih lumayan jika dibandingkan partai politik (parpol) yang lain, apalagi perolehan suara PAN tidak merosot drastis seperti dialami kebanyakan parpol.

Amien mengungkapkan, yang hadir dalam pertemuan tersebut sebanyak 28 DPW PAN se-Indonesia, sedangkan DPW PAN Papua, Papua Barat, Sulawesi Utara, dan Jawa Timur tidak hadir.

"Dalam pertemuan ita akan saling mendengar dan memberi masukan terkait dengan perolehan suara PAN pada Pemilu Legislatif 2009.  Pertemuan juga sebagai bahan evaluasi atas apa yang diperoleh PAN dalam pemilu," katanya.

Setelah pertemuan itu, menurut rencana Amien Rais akan menemui sejumlah deklarator PAN seperti Goenawan Mohammad, Abdillah Thoha, dan Faisal Basri untuk menyampaikan hasil tukar pendapat yang dilakukan.

"Kita juga akan menyampaikan ke DPP PAN, terkait hasil pertemuan dengan pengurus DPW PAN se-Indonesia," kata Amien.

Pertemuan yang dimulai pukul 11.00 WIB itu dilakukan tertutup, dan saat ini masih berlangsunhg. Hadir dalam pertemuan antara lain Wakil Ketua MPP DPP PAN Hatta Radjasa dan AM FAtwa. (*)





Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009