Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Sudan sepakat untuk membeli produk olahraga dari Indonesia serta menjalin kerjasama dalam pembinaan olahraga dan pemuda.

Nota kerjasama (MoU) antara kedua negara tersebut ditandatangani oleh Menpora Adhyaksa Dault dan Menteri Budaya Pemuda dan Olahraga Sudan, Mohammad Yousuf Abdullah di Jakarta, Selasa.

"Ini hanya kerjasama awal yang nantinya bukan hanya mereka akan membeli peralatan olahraga kita saja, tapi juga dalam pembinaan olahraga dan pemuda. Selama ini olahraga yang lebih menonjol di Sudan adalah sepakbola dan futsal," kata Adhyaksa usai penandatangan nota kerjasama tersebut.

Menurut Adhyaksa, produk-produk bola Indonesia sudah diakui FIFA dan akan digunakan di setiap event resmi sepakbola di negara Afrika itu.

Adhyaksa mengatakan, bentuk kerjasama tersebut akan dibahas lagi secara lebih rinci pada 5 Mei mendatang ketika berlangsung pertemuan menteri-menteri olahraga Asia di Iran.

Selain dengan Sudan, Indonesia sebelumnya juga sudah menjalin kerjasama dibidang olahraga dan pemuda dengan Rusia, Kuba, Australia, Iran dan Timor Leste.

"Tapi berbeda dengan negara lain, kerjasama dengan Sudan khusus untuk peralatan olahraga," kata Mohammad Yousuf yang didampingi Duta Besar Sudan untuk Indonesia, Ibrahim Busro Muhammad Ali.(*)

Pewarta: anton
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009