Singapura (ANTARA News/AFP) - Jepang tetap kokoh di jalur untuk menyertakan empat tim di 16 besar Liga Champions Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) setelah dua timnya, Kshima Antlers dan Nagoya Grampus, hari Rabu meraih kemenangan menentukan.

Antlers melindas Angkatan Bersenjata Singapura 5-0 di kandang sendiri, sementara Nagoya mendapat tiga poin yang sangat berharga dengan kemenangan 1-0 atas Newcastle Jets di Australia.

Juara bertahan Gamba Osaka dan tim Jepang lainnya, Kawasaki Frontale telah maju ke babak sistem gugur.

Kashima kini mengoleksi sembilan poin di Grup C, sama dengan tim raksasa Korea, Suwon Bluewings, yang menang dalam pertandingan penting mereka melawan tim kelas berat Cina, Shanghai Shenhua, 2-1.

Dua gol cepat setelah babak kedua dimulai diciptakan oleh pemain Suwon, Lee Sang-Ho dan Bae Ki-Jong, setelah pemain Shenhua, Yanko Valkanov membuat timnya unggul terlebih dahulu di menit ke-12. Tim Cina itu kini mengumpulkan enam pon dan untuk maju ke babak selanjutnya harus menang dalam pertandingan tandang ke Kashima pada 5 Mei.

Nagoya memperkuat cengkeramannya di Grup E melalui gol Yoshizumi Ogawa, sehingga membuat mereka tak terkalahkan dan mengumpulkan delapan poin, empat poin di atas Beijing Guoan yang akan bertandung melawan Ulsan Hyundai. Newcastle tetap dengan empat poin.

Ogawa menciptakan gol kemenangan di menit ke-56, setelah ia menguasai bola hasil umpan silang pemain sayap Keita Sugimoto untuk kemudian menjebol gawang Newcastle yang dijaga Ben Kennedy.

Kashima, sementara itu, menurunkan tiga pemain depan yang agresif melawan Angkatan Bersenjata Singapura, dengan pemain asal Brasil, Marquinhos, Shinzo Koroki, dan Yuya Osako membuktikan sebagai trio yang hebat.

Mereka membuka kemenangan di menit ke-28 melalui sundulan Takuya Nozawa. Koroki menambah kemenangan tujuh menit menjelang babak pertama usai dam Mitsuo Ogasawara mencetak gol ketika timnya di babak keua.

Osako mencetak gol di menit ke-54 dan Koroki melengkapi kemenangan timnya melalui tendangan kaki kirinya yang keras 16 menit menjelang pertandingan usai.(*)

Pewarta: anton
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009