Onitsha, Nigeria (ANTARA News/Reuters) - Perampok Nigeria membunuh sedikitnya 30 orang ketika mereka menyerang sebuah kendaraan yang membawa uang kontan di Negara Bagian Anambra, Nigeria tenggara, kata polisi, Rabu.

Sekitar selusin perampok bersenjata yang naik tiga kendaraan melepaskan tembakan ke arah kendaraan itu, yang sedang melakukan perjalanan pada Senin larut malam dari kota Onitsha, dan berhasil membawa kabur uang dalam jumlah besar, kata polisi.

"Mereka juga menyerang tiga bis penumpang di titik yang sama yang menewaskan 30 orang... termasuk tiga polisi, seorang prajurit dan tiga wanita hamil," kata jurubicara kepolisian Anambra, Felix Agbo, kepada wartawan di ibukota negara bagian itu, Akwa.

Kelompok tersebut juga melukai sekitar 15 orang lain, dengan melepaskan tembakan secara membabi-buta ketika mereka berusaha melarikan diri, kata polisi. Tiga perampok tewas dalam peristiwa tersebut.

Nigeria adalah negara ekonomi penyedia uang kontan dan kejahatan terorganisasi biasa terjadi di ibukota komersial Lagos dan kota-kota besar lain.

Puluhan polisi dan warga sipil tewas setiap tahun dalam penyerbuan-penyerbuan bank di negara berpenduduk paling padat Afrika itu.

Polisi belum lama ini mengancam menarik aparat dari tugas-tugas di bank kecuali jika para pemimpin menyediakan kendaraan lapis baja untuk mengangkut uang kontan.(*)

Pewarta: imung
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009