Yogyakarta (ANTARA News) - Badan Intelijen Negara (BIN) menyatakan Pemilihan Umum (Pemilu) 2009 berlangsung aman dan tidak ada intervensi negara asing.

"Kami pastikan proses Pemilu 2009 berlangsung aman dan tidak ada gejolak, selain itu juga tidak ada intervensi asing yang menginginkan target tertentu dalam pemilu tersebut," kata Wakil Kepala BIN As`ad Said Ali di Yogyakarta, Kamis.

Ia mengatakan, pemilu legislatif 9 April lalu berjalan lancar, dan tidak ada indikasi terjadi kecurangan sistematik.

"Kami tidak menemukan kecurangan sistematik dalam pelaksanaan pemilu legislatif lalu, kalau masih ada kekurangan itu masih dalam batas yang dapat dimaklumi," katanya.

Menurut dia, meningkatnya suhu politik pascapemilu legislatif merupakan sesuatu yang biasa terjadi pada saat pemilu.

"Suhu politik meningkat itu wajar dan ini juga terjadi pada pemilu 2004 lalu. Tidak akan menimbulkan gangguan dalam pemilihan presiden (pilpres) nanti," katanya.

Terkait kegiatan sejumlah jenderal purnawirawan yang bergabung dengan partai politik tertentu, ia menilai sebagai sesuatu yang wajar.

"Ini dinamika politik, jika banyak jenderal yang mendirikan partai atau merapat ke PDIP, itu merupakan sesuatu yang wajar dan biasa terjadi dalam dinamika politik," katanya. (*)

Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009