London, (ANTARA News) - Penyanyi Inggris Paul McCartney, Elton John dan Mick Jagger telah kehilangan sejumlah besar keberuntungan mereka selama krisis ekonomi satu tahun belakangan, demikian daftar kekayaan yang disiarkan Jumat.

Bersama banyak orang paling kaya di dunia, kekayaan mereka telah terkikis sangat tajam dalam nilai harga benda, saham dan penanaman modal lain, demikian hasil survei tahunan buat harian Sunday Times.

Kekayaan pribadi Elton John turun sampai lebih seperempat jadi 175 juta pound dari 235 juta pound (342,3 juta dolar AS) tahun lalu.

Aktris gemerlap yang berusia 62 tahun itu, yang hitnya meliputi "Your Song", dan "Rocket Man", menyaksikan kekayaannya anjlok akibat gabungan dampak kemerosotan, berakhirnya konser Las Vegas yang menggiurkan dan sumbangan buat amal senilai 42 juta pound.

McCartney, mantan personil Beattle, menyaksikan 60 juta pound hartanya terkikis, turun 12 persen dari jumlah kekayaannya tahun lalu.

Sementara itu, Mick Jagger --penyanyi utama Rolling Stones-- bahkan menghadapi kondisi yang lebih buruk lagi. Kekayaannya merosot sampai 16 persen jadi 190 juta pound.

Yang menempati posisi teratas dalam daftar jutawan musik Inggris justru bintang yang kurang terkenal, Clive Calder, yang mendirikan label rekaman Zomba, tempat asal artis seperti Britney Spears. Ia menjualnya tujuh tahun lalu dengan harga 3 miliar pound.

Menurut daftar kekayaan artis tersebut, kekayaan Calder saat ini tak berubah dari jumlahnya tahun lalu, yaitu 1,3 miliar pound.

Bintang yang naik daun adalah Judy Craymer, produser hit musik "Mamma Mia!". Keuangan aktris itu tambah sebesar 29 persen jadi 75 juta pound di balik keberhasilan penyesuaian tayangan Hollywood.

Saat ini adalah tahun yang buruk bagi penyanyi soul bermasalah Inggris, Amy Winehouse, yang harganya terpangkas separuh jadi 5 juta pound setelah ia tahun lalu tak meluncurkan rekaman baru, seperti dikutip dari Reuters.(*)

Pewarta: anton
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009