Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, menyatakan bahwa Wiranto dan Prabowo Subianto adlah kawan sejati partainya.

"Kehadiran pak Wiranto dan pak Prabowo merupakan indikasi bahwa Partai Hanura serta Partai Gerindra akan menjadi mitra kerjasama," tegasnya dalam pidato pembukaan Rakernas V PDI Perjuangan di Kantor DPP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu.

Mengenai bagaimana rincian kerjasama antara ketiga partai ber-platform kebangsaan itu, menurutnya, akan diketahui setelah Rakornas ini.

"Insya allah sore ini Rakornas selesai dan kita mengetahui apa-apa dan bagaimana bentuk rinci kerjasama strategis itu," ujar Megawati Soekarnoputri yang dijadualkan akan menyampaikan langsung hasil-hasil Rakernas ini sekitar pukul 17:00 WIB.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Partai Hanura, Wiranto, yang didaulat memberikan pidato di hadapan peserta Rakernas V PDI Perjuangan, menyatakan, PRI Perjuangan dan Hanura mempunyai kesamaan perjuangan.

"Sama-sama memperjuangkan kepentingan rakyat kecil dan kedaulatannya serta menegakkan demokrasi yang bermartabat," tandasnya.

Sedangkan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto, yang juga diberi kesempatan berpidato, menyorot kritis sikap para elite politik Indonesia, karena telah menjauhi prinsip-prinsip ekonomi gotong royong sebagaimana diajarkan para pendiri bangsa, Bung Karno dan Bung Hatta.

"Yang lebih memprihatinkan lagi, perekonomian digiring ke perekonomian neo liberalisme. Dan inilah salah satu penyebab kemiskinaan rakyat Indonesia tak pernah selesai," tandasnya.

Prabowo Subianto menambahkan, bersama seluruh kekuatan nasionalis, inilah yang ingin kita ubah, demi mengangkat harkat dan martabat seluruh rakyat Indonesia.

Rakernas V PDI Perjuangan ini diikuti seluruh perutusan DPD se Indonesia, para fungsionaris DPP dan anggota Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu) serta anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI.
(*)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009