Medan (ANTARA News) - Pertamina akan membangun 15 Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) berkapasitas 19.639 metrik ton per bulan di Sumut untuk mendukung program konversi minyak tanah ke elpiji di wilayah Region I yang akan dimulai akhir April.

"Saat ini sudah ada lima depot dengan muatan sebanyak 803.387 tabung yang sudah siap mensuplai elpiji tiga kilogram," kata Humas PT Pertamina Region I, Rustam Aji, di Medan, Minggu.

Lima unit pensuplai elpiji tiga kilogram itu masing-masing Depot Elpiji FP Tandem, PT Dharma Mitra I, PT Wanantara DS, PT Trihatras NS, dan PT Maju Kita Bersama.

Sedangkan 15 SPBE yang direncanakan dibangun berlokasi di Medan dan Deli Serdang masing-masing tiga unit, Simalungun, Asahan masing-masing dua unit, dan satu unit masing-masing di Langkat, Serdang Bedagai, Pematang Siantar, Labuhan Batu dan Padang Sidempuan.

"Program konversi akan dilaksanakan secara bertahap. Di Sumut misalnya tahap awal hingga akhir 2009 direncanakan dijalankan di 12 kabupaten dengan target 2.035.250 keluarga," katanya.

Tujuh konsultan yang terpilih melalui proses tender mulai akhir April ini akan melakukan survei, pencacahan, sosialisasi, edukasi dan distribusi paket perdana.

Paket perdana berupa tabung elpiji tiga kilogram, isi, kompor gas satu tungku dan aksesorisnya diberikan secara gratis.

"Mudah-mudahan konversi berjalan lancar, karena tujuannnya untuk kepentingan masyarakat dan pemerintah," katanya.(*)

Pewarta: anton
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009