Islamabad (ANTARA News) - Presiden Pakistan Asif Ali Zardari mengatakan, Senin,  badan intelijen Pakistan yakin pemimpin al Qaida Osama bin Laden telah meninggal meski belum ada bukti tentang hal itu.

"Orang Amerika mengatakan kepada saya mereka tidak tahu, dan mereka jauh lebih diperlengkapi ketimbang kami untuk melacaknya. Dinas intelijen kami sendiri tak pelak lagi berpikir bahwa ia telah tidak ada lagi, bahwa ia telah meninggal," Zardari mengatakan kepada wartawan.

"Namun tidak ada bukti, anda tidak dapat menerima hal itu sebagai fakta," katanya. "Kita ada di antara fakta dan fiksi."

Zardari menanggapi laporan bahwa Taliban Pakistan di lembah Swat mengatakan mereka akan menyambut baik Osama bin Laden jika ia ingin mengunjungi bekas tempat peristirahatan di bukit Pakistan yang sekarang dikuasi Taliban.

"Masalahnya apakah ia masih hidup atau telah meninggal. Tidak ada jejaknya," kata presiden itu.

Di Washington, jurubicara Deplu AS Robert Wood mengindikasikan bahwa AS masih akan mencari Osama bin Laden berdasarkan perkiraan ia masih hidup.

"Saya tidak memiliki informasi bahwa Osma bin Laden ... sesungguhnya sudah meninggal atau masih hidup," kata Wood kepada wartawan ketika ditanya mengenai pernyataan Zardari.

"Kami tidak tahu. Kami akan terus mengejar Osama bin Laden hingga kami dapat menangkapnya atau menyeretnya ke pengadilan."(*)

Pewarta: anton
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009