Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pengusaha dari berbagai latar belakang menyerahkan bantuan donasi alat kesehatan untuk penanganan pandemi COVID-19, melalui Kantor Staf Presiden (KSP).

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan apresiasinya atas kepedulian pengusaha dalam membantu penyediaan alat kesehatan yang kini cukup langka.

"Saat ini barang yang dibutuhkan tenaga medis sangat langka, maka dari itu kami mengapresiasi langkah yang dilakukan para donatur yang bergegas mengumpulkan barang-barang yang sangat dibutuhkan ini," ujar Moeldoko dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Moeldoko mengatakan barang-barang bantuan berupa alat kesehatan yang disalurkan melalui KSP, akan disalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan sesuai data yang dimiliki oleh KSP.

Moeldoko menjelaskan bantuan alat kesehatan ini sangat membantu pemerintah dalam penanganan wabah COVID-19. Dia berharap pandemi COVID-19 bisa cepat berlalu sehingga masyarakat dapat kembali beraktifitas seperti biasa.

"Mari sama-sama kita putus penyebarannya dengan membatasi kegiatan di luar rumah, hindari kegiatan kerumunan masa dan sama-sama kita bahu-membahu untuk menangani pandemi ini," kata Moeldoko.

Belakangan bantuan dari berbagai pihak untuk penanggulangan virus corona di Indonesia terus mengalir. Satu persatu perusahaan bergantian datang dan memberikan bantuan baik materil maupun nonmateriel melalui Kantor Staf Presiden.

Yang terbaru, sejumlah pengusaha Indonesia melakukan penggalangan donasi pencegahan penularan COVID-19 berupa pengumpulan alat-alat kesehatan sebagai bentuk empati dari pengusaha dalam membantu pemerintah mencegah penyebaran virus tersebut Indonesia.

Bantuan alat kesehatan berupa masker, ventilator, APD dan rapid test kit diterima langsung oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Sebelumnya KSP juga menerima bantuan dari pengusaha berupa satu juta masker dan satu juta sarung tangan yang telah di distribusikan ke sejumlah rumah sakit dan BNPB.

Menurut Moeldoko, bantuan yang mengalir membuktikan bahwa masyarakat tergerak untuk bersama melawan COVID-19. Dengan demikian, diharapkan penanganan wabah dapat berlangsung lebih cepat dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, termasuk melindungi keselamatan petugas medis yang bertugas di garis terdepan.

Baca juga: KSP minta organisasi keagamaan aktif sosialisasi "physical distancing"

Baca juga: KSP apresiasi kinerja gugus tugas tangani COVID-19

Baca juga: KSP salurkan satu juta masker dan sarung tangan ke RS tangani COVID-19

Baca juga: KSP: Sinergi antar-kepala daerah kebutuhan mendesak tangani COVID-19

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020