Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Syamsulbahri mengatakan, debat antarcalon presiden dan calon wakil presiden pada kampanye Pemilu Presiden (Pilpres) 2009 mendatang akan dilakukan tanpa panelis, sebagaimana yang pernah dilakukan pada 2004.

"Debat akan dipimpin oleh moderator yang jumlah maupun tokohnya akan ditentukan oleh kelompok kerja yang berwenang. Kita tidak ada tim panelis, hanya ada tim moderator," katanya di sela rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara manual secara nasional KPU di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu.

Syamsul mengatakan, Kelompok Kerja Kampanye Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang diketuai I Gusti Putu Artha akan memilih moderator profesional yang mampu dan memiliki pengetahuan luas di bidang yang diperdebatkan mulai dari politik, pemerintahan, ekonomi dan bidang-bidang lainnya.

Menurut Syamsulbahri, keputusan mengenai hal tersebut akan disahkan secara resmi dalam rapat pleno KPU. Namun, dia enggan menyampaikan kandidat yang dianggap memenuhi syarat untuk menjadi moderator tersebut.

Berdasarkan peraturan KPU, penetapan pasangan capres dan cawapres dilakukan pada 9 Juni 2009. Selanjutnya pasangan calon dijadwalkan kampanye antara 12 Juni hingga 4 Juli 2009. Kampanye rapat umum dapat dilakukan sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB, sedangkan debat direncanakan digelar malam hari usai kampanye rapat umum.

Setelah pelaksanaan kampanye tersebut, tahapan pilpres memasuki tiga hari masa tenang, dan kemudian dilanjutkan dengan pemungutan suara Pilpres pada 8 Juli 2009.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009