Sorong (ANTARA News) - Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu mengenal lagu "Senja di Kaimana".

Lagu yang dinyanyikan Alfian dan pernah populer di tahun 1970-an tersebut, seolah bagai magnet yang mampu menyedot perhatian orang.

Namun dimanakah Kaimana itu?. Mungkin tak banyak yang mengetahuinya. Apalagi bisa langsung ikut menikmati apa yang digambarkan dalam lagu tersebut.

Bahkan seorang Wapres Jusuf Kalla belum pernah menginjakkan kakinya di Kaimana.

Kabupaten Kaimana berada tepat di "leher bawah" (jakun) Pulau Papua. Saat ini merupakan bagian dari Propinsi Papua Barat. Letaknya yang jauh dan terbatasnya moda transportasi ke wilayah itu membuat tidak banyak orang memiliki kesempatan mengunjungi Kaimana.

"Saya ingin menikmati senja di Kaimana, seperti yang digambarkan dalam lagu," kata Wapres.

Keinginan Wapres menikmati senja di Kaimana bukan hanya sekali ini diucapkan. Beberapa kali Wapres mengungkapkan hal itu saat bertemu masyarakat Papua baik saat di kantor Wapres Jakarta maupun ketika kunjungan di Jayapura.

Dan bagai pucuk dicinta ulam tiba, keinginan Wapres kesampaian juga. Sungguh sebuah berkah yang tak terhingga.

Dua hari sebelumnya Kaimana selalu tersaput kabut, sehingga cantiknya matahari terbenam tak bisa dinikmati.

Namun, Selasa (30/12) di saat rombongan Wapres tiba di Kaimana, langit seolah menyambut gembira. Langit cerah tanpa kabut. Merah senja matahari bertabur senyum.

"Senja di Kaimana pun" tersaji lengkap dengan keindahannya. Dan menyempurnakan kegembiraan, Wapres Jusuf Kalla-pun menyanyikan lagi "Senja di Kaimana".

Lengkap sudah kebahagian Wapres dan Ny Mufidah Kalla. Wapres berulang kali tersenyum bahkan henti-hentinya berfoto-foto dengan senyum terus mengambang.

"Kan ku ingat selalu.Kan ku kenang selalu. Senja Indah. Senja di Kaimana.... Eloknya `Senja di Kaimana`". Ehmm. (*)

Pewarta: anton
COPYRIGHT © ANTARA 2009