Beijing (ANTARA News) - Konsul RI di Guangzhou akan mengerahkan ratusan masyarakat Indonesia yang menetap di Guangzhou, provinsi Guangdong, China, untuk mendukung tim Piala Sudirman Indonesia yang akan berlaga di kota itu pada 10-17 Mei 2009.

"Kita akan mengerahkan ratusan masyarakat Indonesia yang ada di sini untuk mendukung tim Indonesia," kata Konjen RI di Guangzhou Harimawan Sujitno ketika dihubungi ANTARA News dari Beijing, Rabu.

Ia mengatakan, pihaknya akan meminta potongan harga tiket sebesar 20-30 persen kepada panitia penyelenggara, bagi pendukung Indonesia yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Sudirman.

Untuk itu, katanya, Konsul RI di Guangzhou telah menyampaikan permintaan resmi kepada panitia penyelenggara agar bisa memberikan potongan harga bagi masyarakat Indonesia.

"Dengan adanya potongan harga itu diharapkan masyarakat Indonesia bisa menyaksikan pertandingan tim Indonesia. Setahu saya karcisnya cukup mahal, apalagi untuk mahasiswa yang kebanyakan merupakan masyarakat Indonesia di sini," kata Harimawan.

Dia mengatakan, sampai kini pihaknya belum mengetahui jadwal pertandingan tim Indonesia karena belum melakukan kontak dengan PBSI.

Mengenai rencana penyambutan tim Piala Sudirman Indonesia, dia mengatakan, ada rencana menyambut kedatangan tim yang dijadwalkan tiba hari Rabu (6/5), sekalipun dari pihak panita juga telah mempersiapkan penjemputan.

"Kita merencanakan mengundang tim Indonesia untuk makan malam bersama pada Jumat dan diharapkan masyarakat Indonesia juga bisa hadir," kata Harimawan.

Tim Piala Sudirman Indonesia, Rabu pagi, bertolak menuju Guangzhou, China untuk mengikuti kejuaraan dunia bulutangkis beregu campuran.

Tim yang terdiri atas 20 atlet, tujuh pelatih dan delapan ofisial itu menggunakan penerbangan bernomor CX718 yang berangkat pukul 8.20 WIB dari Bandara Soekarno Hatta dan tiba di Guangzhou pukul 18.30 waktu setempat.

Tim yang terdiri atas masing-masing 12 pebulutangkis putra dan delapan putri, adalah gabungan antara pemain berpengalaman dalam kejuaraan beregu dengan mereka yang belum berpengalaman. (*)

Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009