Jakarta (ANTARA News) - Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswa semester akhir perlu diisi pembinaan dan pendampingan dalam pos pemberdayaan keluarga (posdaya) di pedesaan, agar para keluarga memiliki keterampilan berwirausaha, kata Mantan Menko Kesra dan Taskin Prof Dr Haryono Suyono.

Prof Haryono yang juga Ketua Yayasan Damandiri mengatakan hal itu dalam dialog interaktif Program Pengembangan KKN dan Peningkatan Mutu SDM Pedesaan di Radio D FM Jakarta, Rabu, yang juga menampilkan pembicara Rektor Universitas Pancasila Jakarta Eddie Toet, Kepala MM STEKPI Dr NN Sawitri dan Deputi Yayasan Danamandiri Rohadi Haryanto.

Menurut Haryono, KKN mahasiswa bertemakan posdaya akan dapat mengembangkan masyarakat pedesan menjadi masyarakat yang mandiri dalam berusaha dan menyejahterakan keluarganya, juga menjadi bekal dan latihan sebagai calon pemimpin Indonesia mendatang.

Pada tahap awal, para mahasiswa dapat mengajukan rancangan program sosialisasi delapan fungsi keluarga, seperti fungsi agama, budaya, kasih sayang, perlindungan, kesehatan reproduksi, pendidikan, ekonomi dan bina lingkungan.

"Selanjutnya mengajak setiap 10 kk berkelompok merancang usaha bersama yang menguntungkan disusul menyusun rancangan untuk permodalan, kualitas produk dan pemasarannya," katanya.

Haryono menyatakan optimis, program KKN bertemakan posdaya akan mendapatkan sambutan positif dari masyarakat, terbukti Unsoed Purwokerta yang telah melakukan ujicoba menerjunkan 1000 mahasiswa di tujuh kabupaten di Jateng, pada Januari-Maret 2009 telah mendapatapresiasi dari masyarakat dan pemkabnya.

Oleh karena itu, katanya, pengurus Yayasan Damandiri akan bertemu dengan ratusan wakiil PTN/PTS dan pihak Ditjen Dikti Depdiknas guna membahas rencana program KKN yang dikaitkan pengembangan Posdaya, di Jakarta, pertengahan Mei 2009.

Sementara itu, Rektor Universitas Pancasila Eddie Toet menyambut baik rencana pengembangan program KKN dan posdaya, karean program merupakan pelaksanaan tri darma PT yaitu pengabdian pada masyarakat, serta untuk melatih mahasiswa belajar mandiri dan melatih ikut menyelesaikan permasalahan masyarakat.

Universitas Pancasila telah melaksanakan program KKN tematik yang terbukti mendapat sambutan masyarakat luas, seperti halnya KKN bertemakan posdaya.

Eddie Toet mengakui, tidak semua keluarga termasuk mahasiswa semester akhir berminat menjadi wirausaha, tetapi dengan masukan pentingnya kewirausahaan, akan dapat membantu para keluarga dalam mengatur keuangan termasuk pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009