Manado (ANTARA News) - Pusat pelayanan media (media center) panitia nasional Konferensi Kelautan Dunia (World Ocean Conference-WOC) di Grand Kawanua Convention Hall (GKCH) masih belum siap, padahal acara tersebut akan dimulai Senin (11/5).

Wartawan ANTARA News melaporkan dari GKCH di Manado, Jumat, sejumlah wartawan yang berkunjung ke lokasi tersebut belum bisa mendapatkan informasi apa-apa dari tim media panitia pusat WOC karena tidak satu pun personel media berada di lokasi.

Para pekerja tampak masih sibuk memasang partisi berukuran 5x15 meter untuk menjadi ruang bagi lebih dari 300 wartawan dalam dan luar negeri melakukan aktivitas pembuatan dan pengiriman berita selama WOC dan Coral Triangle Initiative (CTI) Summit berlangsung pada 11-15 Mei 2008.

Arman, seorang pekerja di ruangan media center mengatakan, penyiapan ruangan tersebut baru bisa diselesaikan pada Jumat malam (8/5).

Ruangan yang terletak di samping kiri GKCH itu dilengkapi empat unit pendingin udara (AC) berkapasitas 5 PK dan beberapa komputer.

"Tetapi kami tidak bertanggung jawab untuk pemasangan komputer. Itu wewenang PT Pacto Convex selaku event organizer (EO) WOC dan CTI Summit," katanya.

Sementara itu, Jacob dari bagian informasi dan teknologi (IT) Pacto mengatakan, penyiapan komputer di media center akan tuntas paling lambat Minggu (10/5).

"Kami akan segera memasang 20 sampai 30 komputer di ruang media," katanya.

Pelayanan akses telekomunikasi untuk wartawan di media center akan menggunakan jaringan internet menggunakan kabel, sedangkan layanan hotspot hanya terdapat di depan gedung utama GKCH.

"Kami sengaja menyediakan akses internet kabel di media center karena akses wireless (nirkabel) atau hotspot akan diacak jika para kepala negara dan kepala pemerintahan melakukan pertemuan di lokasi ini," ujarnya.

Ia mengatakan, akses internet wireless yang disiapkan PT Telkom sudah berfungsi sehingga semua pihak yang membutuhkan bisa memanfaatkannya.

Sementara itu, media center panitia daerah WOC dan CTI Summit yang berpusat di Sekretariat Panitia Nasional dan Daerah di kawasan Kairagi, Manado menginformasikan hingga Jumat (8/5) sudah tercatat 340 wartawan yang akan meliput acara ini.

Sekitar 60 orang di antaranya adalah wartawan asing, sebagian dari mereka sudah berada di Manado.

Jumlah wartawan diperkirakan masih akan bertambah karena pendaftaran masih akan dibuka hingga 10 Mei 2009. Mereka akan diberikan kartu identitas liputan pada 9-10 Mei. (*)

Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009