Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) meyakin rekapitulasi penghitungan perolehan suara nasional Pemilu 2009 selesai sesuai dengan waktu yang ditetapkan, hari Sabtu ini.

"Sekarang rapat pleno penghitungan suara untuk Maluku Utara sedang berlangsung dan diperkirakan selesai Sabtu (9/5) sore ini. Sementara untuk Daerah Nias Selatan Sumatera Utara juga diperkirakan penghitungan selesai 100 persen," kata anggota KPU I Gusti Putu Artha, di Jakarta, Sabtu.

Ia menyebutkan, meskipun ada masalah dalam proses penghitungan suara di Maluku Utara dan Nias Selatan, KPU yakin rekapitulasi perolehan suara nasional selesai Sabtu ini.

Ia mengakui presentasi dari KPU Maluku Utara menghadapi beberapa masalah, terutama data perolehan suara yang tidak sinkron antara yang dimiliki KPU, Panwaslu dan parpol setempat.

Ia menduga tidak sinkronnya data perolehan suara itu --terutam terjadi di Halmahera Barat dan Halmahera Utara-- akibat proses entri data yang salah dan kecurangan penyelanggara Pemilu.

"Dari sembilan kecamatan yang diduga bermasalah penghitungan suaranya di dua kabupaten itu, enam diantaranya telah selesai direkapitulasi," paparnya.

Gusti Putu menjelaskan, KPU Provinsi Maluku Utara telah mengambilalih penghitungan suara di Halmahera Barat yang bermasalah tersebut.

Berdasarkan data KPU hingga pukul 13.30 WIB dari 101.718.087 suara sah yang masuk, urutan tiga besar belum berubah, yakni Partai Demokrat menduduki peringkat pertama dengan 20,85 persen suara, diikuti Partai Golkar 14,42 persen, dan PDIP 14,09 persen. (*)

Pewarta: jafar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009