Manado (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Hasan Wirajuda, menjelang  World Ocean Conference (WOC) dan Coral Triangle Initiative (CTI) Summit  di Manado, mengusulkan masalah laut harus menjadi bagian pembahasan Konferensi Perubahan Iklim di Kopenhagen, Desember 2009 mendatang.

Hasan mengatakan, fakta menunjukkan negara-negara sangat kurang memperhatikan kondisi laut dan lingkungannya sehingga merugikan kepentingan manusia dan negara, padahal kandungan biota laut di dalamnya memberikan kehidupan bagi manusia.

Menlu mengkritik beberapa negara dan lembaga dunia yang belum meletakkan isu kelautan sebagai isu strategis dalam menurunkan pemanasan global.

Isu kelautan bahkan kerap tidak menjadi bahasan inti seperti dalam United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) di Bali, Desember 2007 dan UNFCCC di Polandia pada Desember 2008.

Sementara itu, panitia Pertemuan WOC dan CTI Manado menyatakan acara siap digelar dimana semua syarat dari segi infrastruktur sampai peserta siap membahas masalah laut.

Manado sudah sangat siap menggelar perhelatan internasional ini karena semua infrastrukturnya sudah memadai, kata Menlu. (*)

Pewarta: anton
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009