Semarang (ANTARA News) - Perjalanan Kereta Api (KA) di jalur Pantura Jawa Tengah sempat terganggu menyusul anjloknya lokomotif KA Cirebon Ekspres nomor CC 20126 jurusan Brebes-Jakarta di Stasiun Brebes, Jateng, Sabtu.

"Memang tadi pagi ada lokomotif KA Cirebon Ekspres yang anjlok dan perjalanan sempat terganggu sekitar dua jam tetapi sekarang ini sudah normal kembali," kata Roni, seorang petugas PPKA Stasiun Brebes ketika dihubungi dari Semarang, Sabtu.

Penumpang KA Cirebon Ekpres tersebut harus menunggu di stasiun ini sekitar dua jam, sedangkan sebagian penumpang kelas eksekutif dipindahkan ke KA Argo Muria, sedangkan untuk kelas bisnis menunggu di stasiun ini.

Akibatnya, KA yang seharusnya berangkat dari Stasiun Brebes pukul 06:25 WIB akhirnya berangkat sekitar pukul 08:45 WIB.

Lokomotif yang menarik sembilan rangkaian gerbong itu anjlok di jalur dua Stasiun Brebes. Empat roda depan keluar dari lintasan, tepatnya 100 meter sebelah barat stasiun.

Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi (Daops) IV Semarang, Warsono yang dihubungi secara terpisah, mengatakan, kalau untuk Brebes sebenarnya sudah masuk wilayah Daops III Cirebon, tetapi yang jelas peristiwa itu tidak sampai mengganggu perjalanan KA dari Semarang-Jakarta atau sebaliknya.

"Biasanya sekecil apapun peristiwanya, saya selalu diberitahu tetapi ini tidak ada pemberitahuan. Perjalanan KA dari Stasiun Tawang atau Poncol Semarang tetap normal seperti sesuai dengan jadwal," katanya.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009