Guangzhou (ANTARA News) - Wakil manajer tim Indonesia Yacob Rusdianto mengakui bahwa penampilan ganda putri Shendy Puspa Irawati/Meiliana Jauhari di luar dugaan karena semula diprediksi akan memenangi pertandingan melawan pasangan Jepang.

"Hari ini agak di luar dugaan, karena awalnya khawatir dengan Markis Kido (yang cedera lutut) ternyata tampil cukup bagus. Sementara Shendy/Meiliana yang diprediksi lebih dari dari Greysia/Nitya, hari ini kurang bagus sehingga kalah,"ujar wakil manajer tim Indonesia Yacob Rusdianto setelah tim Indonesia mengalahkan Jepang 4-1 di Guangzhou Gymnasium, Minggu.

Dalam pertandingan melawan tim Jepang pada babak penyisihan Grup 1B Piala Sudirman tersebut, Shendy/Meiliana mengalami kekalahan dari pasangan Satomo Suetsuna/Miyuki Maeda 16-21, 14-21.

"Kami memilih Shendy/Meiliana daripada Greysia Polii/Nitya Krishinda karena dalam beberapa pertandingan melawan Jepang lebih banyak menang," kata Yacob mengenai alasan memilih pasangan yang baru pertamakali bermain dalam kejuaraan beregu itu.

Ganda putri menjadi satu-satunya nomor yang lepas dari kelima nomor yang dipertandingkan.

Sebelumnya, Markis Kido/Hendra Setiawan membuka perolehan angka tim Indonesia dengan mengalahkan pasangan Jepang Noriyasu Hirata/Hirokatsu Hashimoto 21-14, 21-11.

Diikuti kemenangan tunggal putri Maria Kristin yang bangkit dari ketinggalan game pertama untuk mengalahkan pemain Jepang Sayaka Sato 18-21, 21-11, 21-19.

Kemenangan Sony Dwi Kuncoro atas Kenichi Tago 21-17, 21-16 memastikan kemenangan Indonesia 3-0 atas Jepang, dan keberhasilan ganda campuran Nova Widianto/Liliyana Natsir atas pasangan Shintaro Ikeda/Reiko Shiota 16-21, 21-14, 21-18 memperkuat kemenangan tim Indonesia.

Selanjutnya tim Indonesia akan menghadapi tim Inggris yang dalam pertemuan terakhir di semifinal Piala Sudirman di Glasgow dua tahun lalu, berhasil dikalahkan 3-2.

Yacob juga mengatakan, meski tidak meraih kemenangan mutlak pada pertandingan pertama, tim Indonesia tetap optimistis dapat meraih hasil terbaik dan mencapai target membawa pulang Piala Sudirman karena sudah melakukan persiapan dengan baik dan para pemain sudah siap tanding.

Peluang terbesar

Sementara itu manajer tim Jepang, Park Joo Bong mengakui bahwa peluang terbesar dalam menghadapi Indonesia adalah nomor ganda putri, namun ia mengatakan bahwa secara keseluruhan pemain-pemainnya tampil bagus.

Terutama, katanya, Sayaka Sato yang bisa menyulitkan peraih medali perunggu Olimpiade Maria Kristin, dan Shintaro Ikeda/Reiko Shiota yang memberi perlawanan bagi Nova/Liliyana.

Pada pertandingan kedua babak grup, Jepang akan bertemu tim juara bertahan sekaligus tuan rumah China.

Berikut ini hasil lengkap pertandingan penyisihan Grup 1B antara Indonesia melawan Jepang:

Indonesia v Jepang 4-1

Ganda putra: Markis Kido/Hendra Setiawan v Noriyasu Hirata/Hirokatsu Hashimoto 21-14, 21-11

Tunggal putri: Maria Kristin Yulianti v Sayaka Sato 18-21, 21-11, 21-19

Tunggal putra: Sony Dwi Kuncoro v Kenichi Tago 21-17, 21-16

Ganda putri: Shendy Puspa Irawati/Meiliana Jauhari v Satoko Suetsuna/Miyuki Maeda 16-21, 14-21

Ganda campuran: Nova Widianto/Liliyana Natsir v Shintaro Ikeda/Reiko Shiota 16-21, 21-14, 21-18.(*)

Pewarta: anton
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009