Guangzhou, (ANTARA News) - Siapa yang mengira jika Kabid Binpres PB PBSI Lius Pongoh masih mencuci sendiri pakaiannya jika bepergian ke luar negeri seperti ketika masih menjadi pemain bulutangkis dulu.

"Dari dulu sampai hari ini aku masih tetap mencuci sendiri, hobiku nyuci sih," ujarnya berseloroh usai sarapan dengan sejumlah pemain dan ofisial tim Sudirman Indonesia yang sedang berlaga di Guangzgou, Senin.

Mantan pemain nasional yang dijuliki "bola karet" itu kemudian mengaku bahwa saat ini ia masih mencuci sendiri pakaiannya ketika bepergian ke luar negeri mendampingi pemain Indonesia bertanding.

Ia mengaku membawa sabun cuci lengkap dengan pewangi cucian dari Tanah Air untuk menyalurkan "hobinya" itu, kemudian memanfaatkan "bathtub" sebagai ember cuciannya.

Lius juga membuka rahasia bagaimana "menyetrika" pakaian yang dicucinya sendiri itu supaya tidak kusut.

"Disetrikanya pakai bantal, dengan cara ditaruh di bawah bantal yang digunakan untuk tidur, pasti rapi deh," kata Lius yang menjadi wakil manajer tim Indonesia di Piala Sudirman 2009.

Namun ia buru-buru menambahkan, "Itu pengalaman `baheula` (dulu) waktu masih jadi pemain, pakaian mau rapi tapi nggak bawa sentrika".

Kalau sekarang, katanya, meski masih mencuci sendiri, ia tidak lagi menggunakan bantal untuk membuat pakaiannya rapi.(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009