Jakarta, (ANTARA News) - Kegiatan Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang digelar setiap tahun menjadi salah satu unggulan wisata belanja Jakarta, kata Humas Dinas Pariwisata DKI Jakarta Eko Guntur, Selasa.

"Unggulan wisata yang diharapkan mampu menyedot pelancong nusantara maupun mancanegara salah satunya adalah PRJ yang akan berlangsung sebulan mulai pertengahan Juni hingga Juli 2009," kata Eko Guntur.

Menurut dia, wisatawan yang berkunjung ke PRJ akan disuguhi berbagai kesenian tradisional Betawi, seperti kesenian Lenong hingga musik modern dengan menampilkan sejumlah artis populer di Indonesia.

"Siapa saja artis yang tampil selama kegiatan tersebut, kami belum bisa menyebut secara mendetail, karena dalam ajang tahunan ini ada panitianya," ucap Eko.

Dikatakan, PRJ pertama kali diadakan di Lapangan Monumen Nasional (Monas) pada tahun 1968. Sejak itu hingga tahun 2009, PRJ tidak pernah putus digelar dalam rangkaian acara peringatan HUT Jakarta.

"Kegiatan PRJ dulu hanya menempati tujuh hektar di kawasan Monas. namun sejak tahun 1992, PRJ pindah di Kemayoran menempati lahan mencapai seluas 44 hektare," ucapnya.

Eko mengatakan pada kegiatan tersebut ratusan pengusaha yang akan menjual berbagai produk dalam dan luar negeri. Harga pun yang ditawarkan cukup bervariasi, karena ada diskon harga.

"Selain PRJ menjadi daya tarik wisatawan ke Jakarta, ada juga obyek wisata lain di antaranya Dunia Fantasi Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Museum Indonesia dan Monas," katanya.
 
Yuk...wisata ke PRJ.(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009