Beijing (ANTARA News) - Beruntung! Begitulah nasib kangguru Eastern Grey yang selamat hampir satu pekan setelah kepalanya tertancap panah di kebun raya di dekat pinggiran kota Melbourne, Kamis pekan lalu, dan kini kondisinya mulai pulih setelah hewan itu menjalani operasi.

Dr. Michael Lynch dari Kebun Binatang Melbourne, yang melakukan operasi pencabutan panah tersebut, mengatakan ia akan memantau kondisi kangguru itu selama tiga pekan ke depan tapi ia cukup optimis.

"Ini luka yang besar, tapi karena panah itu tampaknya tak berada di sana dalam waktu lama, dan lukanya masih baru, hewan tersebut diharapkan akan baik-baik saja," kata Dr Lunch seperti dikutip Xinhuanet.

"Saya agak optimis mengenai kemungkinan kangguru itu akan pulih sepenuhnya," katanya.

Kangguru Eastern Grey, yang memiliki nama latin Macropus Gigurteus, memiliki kepala kecil dan telinga besar, dan yang betina dapat memiliki panjang 2,8 meter.

Buntutnya dapat tumbuh sampai 4 kaki dan sangat membantu bagi keseimbangan tubuhnya dan ketika berdiri, tubuhnya tegak lurus. Hewan tersebut adalah pelompat yang handal, dengan usia dapat mencapai 18-20 tahun.

Dinas Suaka Margasatwa Australia telah menyediakan hadiah 10.000 dolar Australia (7.600 dolar AS) bagi siapa saja yang dapat menemukan orang yang bertanggung jawab karena telah memanah kangguru itu.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009