New York (ANTARA News/AFP) - Sarah Palin, calon wakil presiden dari Partai Republik dalam pemilihan presiden AS tahun lalu, akan menulis buku mengenai riwayat hidupnya, demikian penerbit HarperCollins, Rabu.

Buku yang akan muncul pada awal 2010 ini melukiskan kemunculannya pada suatu malam dari hanya seorang gubernur Alaska yang tidak terkenal menjadi pasangan John McCain dalam Pilpres lalu meskipun dia hanya menjadi penggembira.

"Gubernur Palin adalah salah seorang tokoh yang sangat kharismatis, mengilhami dan kontroversial yang akan tampil di panggung politik nasional selama beberapa tahun. Ia memiliki kisah yang sangat menarik untuk diceritakan," kata Brian Murray, CEO HarperCollins.

Palin menolak wawancara dengan pers selama masa kampanye presiden, khususnya setelah apa yang dianggap secara luas sebagai beberapa kesalahan besar.

Dalam buku itu, ia akan menceritakan kisahnya sendiri, termasuk kehidupan keluarganya yang ceria.

Ia akan membagi wawasan dalam tantangan yang ia hadapi termasuk kemampuannya membagi waktu antara seorang ibu dan wanita pekerja yang merasakan efek perang terhadap anak laki-lakinya yang berperang di Irak, memiliki bayi cacat dan menyemangati anak perempuannya dalam melewati kehamilan yang tidak dirncanakan.

Blogger berita Mike Allen, dari Politico.com, mengatakan Palin akan memberikan sepotong wawancaranya dengan Katie Couric dari televisi CBS yang kemudian secara luas diolok-olok sebagai bukti dia memiliki penguasaan masalah yang jelek.

"Palin tetap penghimpun dana sangat besar yang menarik (di Partai Republik) dan menerima liputan media bergaya selebriti sehingga dia akan menikmati rejeki nomplok promosi di mana setiap tayangan di dunia selalu menginginkannya," tambahnya. (*)

Pewarta: jafar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009