Jakarta, (ANTARA News) - Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Jumat pagi, turun 40 poin, karena pelaku pasar menjelang akhir pekan ini lebih cenderung melepas rupiah, meski bursa regional membaik.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar menjadi Rp10.400/10.410 per dolar dibanding penutupan hari sebelumnya Rp10.360/10.370 atau melemah 40 poin.

Direktur Retail Banking PT Bank Mega Tbk, Kostaman Thayib di Jakarta, Jumat mengatakan, negatif pasar terhadap rupiah masih terjadi, akibat memanasnya suhu politik di dalam negeri menjelang pemilihan presiden dan wakil presiden.

Tekanan pasar terhadap rupiah tidak besar, karena aktivitas perdagangan saham di pasar modal Indonesia masih ramai, terpicu oleh membaiknya bursa regional.

Rupiah cenderung bergerak turun dalam kisaran yang tidak melebar, sehingga posisinya masih di atas antara Rp10.400 sampai Rp10.450 per dolar, ucapnya.

Menurut dia, pasar Indonesia masih menarik bagi investor asing untuk melakukan investasi, karena selisih bunga antara rupiah dan mata uang lainnya masih relatif tinggi.(*)

 

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009