Jakarta (ANTARA News) - Jusuf Kalla dan Wiranto menjadi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pertama yang akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Anggota KPU Syamsulbahri mengatakan, sesuai jadwal yang diterima KPU, pasangan JK-Wiranto akan mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2009 sekitar pukul 10.00 WIB.

Disusul kemudian oleh pasangan capres-cawapres Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto yang dijadwalkan mendaftar ke KPU sekitar pukul 13.00 WIB, sedangkan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono akan mendaftar sekitar pukul 15.00 WIB.

Syamsulbahri mengatakan, dalam proses pendaftaran, semua berkas persyaratan administrasi ketiga pasangan kandidat pemimpin nasional ini akan diberi dan jika belum lengkap, maka partai politik dan gabungan partai politik pengsul capres dan cawapres diberikan kesempatan untuk melengkapi.

Kemudian, demikian Syamsul, untuk jadwal pemeriksaan kemampuan jasmani dan rohani bakal capres dan cawapres akan disampaikan setelah proses pendaftaran.

"Kami akan menawarkan jadwal pemeriksaan kesehatan bagi bakal capres dan cawapres," katanya.

Pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan hingga Senin, 18 Mei 2009 dengan masa pemeriksaan mulai 07.30 WIB hingga 17.00 WIB di RSPAD Gatot Soebroto.

Pilpres putaran pertama akan dilaksanakan pada 8 Juli 2009 dan jika harus berlangsung dalam dua putaran maka KPU telah menjadwalkan putaran dua pada 8 September 2009. (*)

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009