Guangzhou (ANTARA News) - Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) akan mengubah format untuk turnamen beregu, Piala Sudirman serta Piala Thomas dan Uber untuk penyelenggaraan yang akan datang.

Deputi Presiden BWF Paisan Rangsikitpho kepada pers, Sabtu, mengatakan, hasil pertemuan dewan (council meeting) BWF yang berakhir Sabtu, antara lain sepakat untuk mengubah format Piala Sudirman untuk memberi peluang tim-tim grup bawah meraih kemenangan.

"Format baru akan memberi peluang seluruh tim untuk memenangi trofi, dengan menggelar babak grup terlebih dahulu sebelum babak sistem gugur. Unggulan akan ditentukan berdasarkan peringkat dunia. Namun itu masih dibicarakan," kata Paisan.

Format baru Piala Sudirman akan dibahas lagi dan disahkan pada pertemuan tahunan (AGM) yang akan datang.

Sementara format baru Piala Thomas dan Uber adalah, melakukan pengundian ulang setelah babak penyisihan grup berakhir untuk memasuki babak perempatfinal. Hal itu dilakukan untuk mencegah adanya tim yang berusaha menghindari pertemuan dengan tim lain.

"Dengan demikian setiap tim yang lolos ke perempatfinal tidak tahu siapa lawan berikutnya," kata Paisan yang memberi keterangan pers bersama presiden BWF Kang Young Joong dan sekjen BWF Stuart Borrie.

Mengenai tuan rumah Piala Sudirman, manajer marketing dan administrasi BWF, Selvaamresh Supramaniam mengatakan hingga batas akhir penawaran tidak ada negara yang tertarik sehingga penawaran dibuka kembali hingga akhir Juni.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009