Jakarta (ANTARA News) - Pasangan kandidat presiden dan wakil presiden Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto tiba di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, Minggu, untuk menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai syarat untuk maju dalam Pilpres 2009.

Kedua pasangan hampir bersamaan tiba di RSPAD dan disambut tim dokter untuk menuju ruang pemeriksaan.

Dalam pemeriksaan kesehatan itu, setiap calon presiden dan wakil presiden akan menjalani pemeriksaan kesehatan selama tujuh hingga delapan jam yang meliputi pemeriksaan psikiatrik (kejiwaan), jantung dan pembuluh darah, neurologi (saraf), sistem pernafasan, mata, THT, sistem hati dan pencernaan, sistem urgonital (ginjal dan saluran kemih), sistem muskuloskeletal (alat gerak).

Pemeriksaan terhadap calon presiden dan wakil presiden itu akan dilakukan oleh 43 dokter yang terdiri atas 29 dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan 14 orang dokter dari RSPAD Gatot Soebroto.

Sebelum menjalani pemeriksaan, seluruh kandidat presiden dan wakil presiden diharuskan untuk puasa mulai pukul 20.00 sehari sebelumnya dan hanya diperkenankan minum air putih.

Selanjutnya, pada 06.30 WIB, para kandidat diminta untuk meminum dua gelas air putih dan tidak boleh buang air kecil, hingga dilakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan dilakukan di gedung medical check up RSPAD Gatot Soebroto di lantai dua dimana telah disediakan 21 ruangan.

Suasana di areal RSPAD khususnya di gedung medical check up, sudah dijaga ketat oleh sejumlah aparat, menunggu kedatangan dua pasangan capres dan cawapres.

Pasangan kandidat presiden dan wakil presiden Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono akan menjalani pemeriksaan kesehatan pada Senin (18/5).(*)

Pewarta: anton
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009