Kuala Lumpur (ANTARA News) - Satu mahasiswa Malaysia berusia  20 tahun positif menderita influensa A (H1N1) di Pulau Pinang, menyusul kawannya sesama mahasiswa yang juga dinyatakan positif kena H1N1 di Hospital Sungai Buloh, Selangor setelah mereka pulang dari New York, Amerika Serikat, dalam satu pesawat Rabu (13/5).

Kasus tersebut diumumkan oleh wakil direktur Kesehatan Malaysia, Dr Ramlee Rahmat, di Putrajaya, Sabtu, dengan menyebutkan  bahwa korban ke-2 yang terjangkit influensa A adalah teman dan sesama penumpang pesawat MAS MH091 dari New York, tiba di KLIA, Rabu, jam 7.15, demikian media massa Malaysia, Minggu.

Kasus pertama H1N1 terjangkit seorang mahasiswa berusia 21 tahun setelah kembali dari New York dengan pesawat MAS MH091. Dia demam, tenggorokan bengkak, batuk, kemudian dilarikan ke rumah sakit. Hari Jum`at sore, Direktur Kesehatan Malaysia Dr Mohd Ismail Merican menyatakan positif mahasiswa itu terjangkit H1N1.

Kementerian kesehatan Malaysia telah meminta semua klinik dan rumah sakit swasta agar selalu merujuk segera kasus-kasus pasien yang baru kembali dari negara yang dilanda wabah penyakit influensa A dan mengalami gejala-gejala seperti demam, batuk, susah bernafas, sakit badan, sakit kepala atau sakit tenggorokan ke rumah sakit yang telah ditetapkan pemerintah.(*)

Pewarta: adit
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009