Le Mans, Prancis (ANTARA News/Reuters) - Pembalap Spanyol, Jorge Lorenzo mengambil keuntungan dari kondisi lintasan yang tidak stabil untuk menjuarai Grand Prix MotoGP Prancis, Minggu dan memimpin klasemen umum.

Pembalap berusia 22 tahun itu, yang mengemudikan Yamaha, finish dengan catatan waktu 17,710 detik lebih cepat daripada pembalap Italia, Marco Melandri, yang mengemudikan Kawasaki.

Pembalap Spanyol lainnya, Dani Pedrosa, menempati urutan ketiga dengan catatan waktu 19, 893 detik lebih lambat dari Lorenzo setelah start dari posisi terdepan dengan kendaraan Honda.

Kemenangan keduanya dari empat balapan musim ini membuat Lorenzo bertengger di puncak klasemen kejuaraan dengan 66 poin, satu poin lebih unggul dari rekan satu timnya di Yamaha, Valentino Rossi dan pembalap Australia, Casey Stoner, yang finish di urutan kelima dengan kendaraan Ducati.

"Ini seperti mimpi. Saya tidak menduga kemenangan ini. Saya bertarung untuk kejuaraan ini dan ini merupakan akhir pekan yang sempurna," kata Lorenzo, yang juga menjuuarai Grand Prix Jepang bulan lalu, kepada televisi Eurosport.

Juara dunia, pembalap Italia, Rossi, finish di urutan ke-16, dua putaran di belakang Lorenzo, setelah mimpi buruk petang hari di Le Mans.

Juara tahun lalu itu tergelincir di lintasan dan masuk ke daerah berkerikil di awal balapan dan harus mengganti sepeda motornya tiga kali.

Semua pembalap terpaksa mengganti sepeda motor mereka selama balapan 18 putaran tersebut karena lintasannya, yang basah pada saat start, menjadi kering akibat sinar matahari.

Lorenzo, yang start dari urutan kedua, menyalip Pedrosa sebelum akhir putaran pertama dan segera meninggalkan saingannya itu.

Pembalap Spanyol itu merupakan salah satu dari pembalap terakhir yang mengganti sepeda motor yang menggunakan ban-ban basah.

"Saya stop terlalu dini. Saya membalap tidak sangat cepat pada putaran pertama saya dengan menggunakan ban kering," kata Pedrosa kepada Eurosport.

Di kategori 250cc, pembalap Italia, Marco Simoncelli menjadi juara untuk Gilera, mengungguli Hector Faubel yang mengendarai Honda dan rekan satu timnya di Gilera, Roberto Locatelli dari Italia.

Pembalap Spanyol, Julian Simon, bercokol di puncak klasemen umum di kategori 125cc setelah juara di Le Mans. Ia mengunggui rekan satu timnya di Aprilia, Jonas Folger dari Jerman dan Sergio Gadea dari Spanyol.

Para pembalap itu akan berkompetisi di Italia pada 31 Mei.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009