Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Sosial Kota Jakarta Pusat sudah menyalurkan 1.000 bantuan sosial kepada warga kurang mampu yang kehidupannya memburuk akibat COVID-19 di dua kecamatan, yaitu Tanah Abang dan Gambir.

"Itu bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial RI, kita bantu salurkan lewat kecamatan- kecamatan. Bantuan itu sudah diberikan Selasa dan Rabu kemarin. Masing-masing 500 bansos per kecamatan, " kata Suku Dinas Sosial Kota Jakarta Pusat Ngapuli Parangin-angin saat dihubungi, Kamis.

Tidak hanya di dua kecamatan yang sudah menerima bantuan, nantinya seluruh warga kurang mampu yang ada di enam kecamatan lainnya, yaitu Kemayoran, Cempaka Putih, Senen, Menteng, Sawah Besar serta Johar Baru akan menerima bantuan sosial tersebut.

Ngapuli tidak merinci bentuk bantuan sosial yang diserahkan kepada para penerima di Jakarta Pusat apakah berbentuk paket sembako atau bantuan langsung tunai.

Meski demikian, ia mengatakan seharusnya bantuan sosial itu diberikan secara bertahap setiap hari hingga memenuhi kebutuhan masyarakat miskin yang ada di Jakarta Pusat.

Baca juga: DKI jamin stok pangan aman selama PSBB
Baca juga: Permintaan Anies soal izin ojol angkut penumpang dinilai tak sejalan
Petugas dibantu warga menurunkan paket sembako yang diberikan Kementerian Sosial (Kemensos) kepada warga yang membutuhkan di kawasan Kebon Baru, Tebet, Jakarta, Rabu (8/4/2020). Kemensos mendistribusikan 200 ribu paket sembako dan makanan siap saji untuk pekerja sektor informal di wilayah zona merah COVID-19. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.
Namun pada Kamis belum ada kabar lebih lanjut dari pemerintah pusat terkait bantuan sosial yang akan didistribusikan.

"Jadi hari ini belum ada lagi, Kemensos belum kasih kabar lagi," kata Ngapuli.

Nantinya bantuan sosial tidak hanya diberikan dari pemerintah pusat, namun juga dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Bantuan yang diberikan berupa paket khusus bahan makanan, masker kain dan sabun," kata Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Irmansyah melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Distribusi dilakukan setelah mendata kelurahan di seluruh DKI Jakarta dengan metode pengantaran hingga ke pintu rumah warga. Paket disiapkan oleh Perumda Pasar Jaya dengan pengemasan rapat agar barang tetap higienis.

Untuk bantuan sosial dari Pemprov DKI Jakarta, diketahui bantuan diberikan terlebih dahulu di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara. Selanjutnya bantuan sosial diberikan secara bertahap di kawasan-kawasan lainnya.
Baca juga: Angka kejahatan di Jakarta turun selama pandemi COVID-19
Baca juga: Ada 10 jenis angkutan prioritas pada PSBB

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020