Jakarta, (ANTARA News) - Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Senin pagi menguat dibawah angka Rp10.400 per dolar, karena pelaku pasar aktif membeli rupiah yang terpicu oleh makin membaiknya indikator ekonomi Indonesia.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar menguat menjadi Rp10.385/10.390 per dolar dibanding penutupan akhir pekan lalu yang mencapai Rp10.445/10.450 per dolar atau naik 60 poin.

Pengamat pasar uang, Edwin Sinaga di Jakarta, Senin mengatakan, pelaku pasar memburu rupiah, setelah pekan lalu terpuruk hingga jauh di atas angka Rp10.400 per dolar.

Pembelian rupiah itu terpicu oleh pernyataan Menteri Keuangan, bahwa laju inflasi Indonesia pada bulan ini akan berada dibawah angka 5 persen jauh dibawah target pemerintah sebesar 6 persen, katanya.

Selain itu, menurut dia pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini yang mencapai 4,4 persen yang berada dibawah China dan India masing-masing 6 persen dan 5 persen memberikan kepastian bahwa ekonomi Indonesia tetap tumbuh.

Karena itu pelaku pasar asing optimis Indonesia ke depan akan semakin baik, meski saat ini ekspor menurun akibat berkurangnya permintaan pasar, ucapnya.

Kondisi ini, lanjut dia memberikan dukungan yang kuat bagi rupiah untuk kembali mendekati angka Rp10.000 per dolar, meski untuk menuju ke sana tidak mudah.(*)

 

Pewarta: mansy
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009