Jakarta, (ANTARA News) - Hasil tes kesehatan tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden akan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa 19 Mei 2009.

Anggota KPU Syamsul Bahri di sela-sela tes pemeriksaan terhadap pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, Senin, mengatakan hasil tes tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden akan diumumkan secara bersamaan.

Pasangan capres dan cawapres Jusuf Kalla dan Wiranto menjalani tes kesehatan berbarengan dengan pasangan Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto pada Minggu 17 Mei 2009.

Sedangkan pasangan Yudhoyono dan Boediono baru menjalani tes kesehatan pada Senin 18 Mei 2009.

"Tanggal 19 Mei pagi kita sudah hasil verifikasi, yang mana yang kurang bisa diperbaiki. Tanggal 18-19 ini kita coba," ujarnya.

Syamsul mengatakan menurut peraturan KPU, hasil tes kesehatan sudah harus diserahkan kepada partai politik pengusung setiap capres dan cawapres maksimal dalam empat hari sejak dilakukannya tes kesehatan.

Namun, menurut dia, KPU berusaha agar dalam tiga hari hasil tes kesehatan itu sudah selesai diumumkan sehingga KPU dapat menindaklanjuti tahapan selanjutnya.

Syamsul mengatakan setiap capres dan cawapres harus memenuhi kriteria kesehatan yang ditetapkan menurut UU Pilpres, mulai dari kesehatan organ-organ tubuh sampai tes kejiwaan.

Apabila capres atau cawapres tidak memenuhi salah satu dari kriteria tersebut, maka capres atau cawapres itu dinyatakan tidak layak untuk mengikuti kompetisi Pilpres 2009.

"Ya jelas, karena itu harus memenuhi semua persyaratan. Kalau satu syarat gagal, tentu dia tidak memenuhi itu," ujarnya.

Tes kesehatan yang harus dijalani oleh setiap capres dan cawapres terdiri atas beberapa rangkain untuk menguji fungsi dari organ-organ tubuh yang vital serta 500 pertanyaan untuk menguji kejiwaan serta pola hidup.

Tes yang dilakukan oleh tim dokter yang terdiri atas lebih dari 50 orang dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan tim dokter RSPAD Gatot Soebroto itu berlangsung antara tujuh hingga sepuluh jam.

Syamsul mengatakan tim dokter akan mengadakan rapat membahas hasil tes kesehatan tiga pasang capres dan cawapres pada Senin malam dan kemudian akan menyerahkan hasilnya ke KPU.(*)

Pewarta: anton
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009