Jakarta, (ANTARA News) - Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen DPR, Simon Patrice Morin, di Jakarta, Senin, mengatakan, delegasi Rusia yang di dalamnya terdapat sejumlah pengusaha terkemuka menagih janji Pemerintah Susilo Bambang Yudhoyono untuk meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan kedua negara.

Simon Patrice Morin mengatakan itu kepada pers, usai mendampingi Ketua DPR,  Agung Laksono, menerima Delegasi `International Movement Eastern Dimension` Federasi Rusia yang dipimpin ME NIkolaev di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

"Yah, mereka para pengusaha Rusia beserta delegasi parlemen menagih janji Pemerintah Yudhoyono sebelumnya, karena dahulu memang sudah ada kesepakatan dalam meningkatkan hubungan kedua negara. Perlu diketahui, saat ini investasi Rusia di Indonesia sudah mencapai satu miliar dollar AS," ungkapnya.

Dalam pertemuan itu, menurutnya, Delegasi Rusia juga menyatakan bertekad meningkatkan kerjasama ekonomi khususnya di bidang energi. "Saat ini Rusia sudah mengembangkan energi pasang surut di negaranya," tambahnya.

Simon Patrice Morin melanjutkan, Rusia juga berkeinginan meningkatkan kerjasama di sektor pendidikan dan teknologi.

"Kunjungan mereka ke Indonesia membawa sejumlah pengusaha yang memang berniat menanamkan modalnya di Indonesia," katanya.

Karena itu, guna meningkatkan kerjasama antar parlemen, demikian anggota legislatif dari Partai Golkar ini, Ketua DPR Agung Laksono akan mengunjungi Moskow bulan depan disertai pengusaha Indonesia yang memang juga berminat berinvestasi di Rusia.(*)

 

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009