Yogyakarta, (ANTARA News) - Bakal calon Presiden Jusuf Kalla mengatakan Raja Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan dukungan moral kepada pasangan capres JK-Wiranto (JK-Win).

"Dengan kita bertiga (JK-Wiranto-Sultan) bersama begini, berarti beliau (Sultan) sudah berikan dukungan moral yang besar pada kami," kata bakal capres Jusuf Kalla usai bertemu Sultan HB X di kraton Kilen Yogyakarta, Selasa.

Pertemuan JK, Wiranto dan Sultan berlangsung secara tertutup selama satu jam. Usai pertemuan, ketiga tokoh melakukan keterangan pers bersama.

Jusuf Kalla mengatakan hubungan antara dirinya dengan Sultan telah berlangsung lama.

Selain karena sama-sama satu partai, lebih jauh lagi, tambah Kalla , sejak lama antara masyarakat Bugis dan Keraton Jogya sudah terjalin. Kalla menjelaskan di Keraton Yogya ada prajurit asal makasar yakni daeng dan bugis (bugisan).

"Kita tadi banyak diskusi soal kemandirian bangsa," kata Kalla.

Dalam kesempatan itu, Kalla juga menegaskan bahwa duet caprew JK-Wiranto memang merupakan pasangan Nusantara.

Sementara Sultan mengaku bahwa sejak zaman kerajaan Mataram memang sudah terjalin hubungan antara masyarakat Jogja dengan Bugis Makasar.

Sultan mengaku bahwa ekonomi kerakyatan dan kemandirian selama ini juga telah diperjuangkan kerajaan sejak kerajaan Mataram.

"Dulu Mataran dua kali invasi ke Batavia itu tujuannya untuk kemandirian," kata Sultan.

Menurut Sultan , soal kemandirian bangsa menjadi hal yang harus terus diperjuangkan.

"Saya tidak anti asing, tetapi investasi asing harus digunakan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat," kata Sultan.(*)

Pewarta: anton
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009