Yogyakarta, (ANTARA News) - Wakil Presiden M Jusuf Kalla membeli blangkon, penutup kepala khas Yogja, dan langsung mengenakannya saat berkunjung ke Pasar Beringhardjo, Yogyakarta, Rabu.

"Pakai ya. Pakai yaa," kata Capres Jusuf Kalla sambil mengenakan blangkon warna keemasan. Kalla mengenakan blangkon hingga masuk ke mobil.

Begitu melihat Kalla mengenakan blangkon, ratusan pedagang pasar dan pengunjung serentak tepuk tangan.

Kehadiran Jusuf Kalla di pasar Beringhardjo mendapatkan sambutan meriah masyarakat. Ratusan pedagang berebut untuk berjabat tangan. "Selamat pak, semoga terkabul jadi presiden," kata seorang ibu.

Selain itu para pedagang juga berebut untuk bersalaman dengan Ny Mufidah Kalla. Kedatangan Jusuf Kalla di Pasar Beringhardjo didampingi Sri Sultan HB X.

Kalla menyusuri lorong-lorong pasar. Sepanjang jalan warga berebut berjabat tangan. Tak hentinya Kalla menyambut warga dengan terus tersenyum.

"Gimana dagangannya laku? Batik tetap laku, kan? Pasar-pasar tradisional ini terus kita pertahankan dan diperbaiki," kata Kalla.

Usai berkunjung ke Pasar Beringhardjo, Jusuf Kalla, yang juga calon presiden itu bertemu dengan pasangannya, calon wakil presiden Wiranto.

Mereka kemudian berkunjung ke Pondok Pesantren Munawir, Krapyak. Di Ponpes itu, kehadiran Kalla dan Wiranto disambut pengasuh pondok KH Zaenal Abidin.(*)

Pewarta: anton
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009