Yogyakarta (ANTARA News) - "Toeac" akan menggelar konser musik klasik dengan menggunakan alat musik akordion di auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, 30 Mei 2009.

"`Toeac` adalah nama duo pemain akordion dari Belanda yang terdiri atas Renee Bekkers dan Pieternel Berkers. Dalam konser itu mereka akan memainkan musik klasik karya Franck, Ravel, Stravinsky, dan Piazzolla," kata Direktur Karta Pustaka Anggi Minarni di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, kepiawaian mereka membuktikan bahwa akordion adalah instrumen musik dengan palet warna yang kaya dan memiliki begitu banyak kemungkinan, sehingga bunyi yang dihasilkan menyerupai penampilan sebuah orkes.

Terlebih bila kedua musisi itu bermain dengan semangat yang begitu besar. "Toeac" terkenal karena mampu menginterpretasi karya klasik untuk akordion yang sebagian besar mereka gubah sendiri.

"Dalam konser yang diselenggarakan Karta Pustaka, Erasmus Huis, Fakultas Kedokteran UGM, dan Elti Radio itu `Toeac` akan mempersembahkan musik klasik dengan akordion hasil gubahan mereka," katanya.

Ia mengatakan, "Toeac" telah memperoleh beberapa penghargaan di antaranya hadiah pertama untuk solo dan duo pada Kejuaraan Akordion Belanda pada 2004 dan 2006.

"Pada Oktober 2007, `Toeac` mendapatkan hadiah pertama dalam kategori musik kamar pada sebuah kompetisi akordion internasional yang bergengsi `Premio Internazionale` di Fisarmonica, Italia," katanya. (*)

Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009