Wolfburg (ANTARA News/Reuters) - VfL Wolfsburg untuk pertama kalinya meraih gelar juara Liga Utama Jerman (Bundesliga) setelah dalam pertandingan Sabtu mengalahkan Werder Bremen 5-1 sehingga tidak mungkin terkejar di puncak klasemen dengan nilai 69.

Sementara itu Bayern Munich memastikan posisi kedua, yang berarti otomatis masuk Liga Champions musim mendatang, setelah menang 2-1 atas VfB Stuttgart, yang berada di peringkat tiga dan mendapat jatah untuk main dalam babak kualifikasi Liga Champions.

Hertha Berlin dan Hamburg SV yang berada di peringkat berikutnya akan mendapat tiket ke kompetisi baru Piala Eropa.

Tim papan bawah Arminia Bielfeld dan Karlsruhe terdegradasi, sedangkan Energi Cottbus harus melakukan playoff melawan tim peringkat tiga divisi II.

Woflburg langsung memimpin 3-0 ketika pertandingan baru berjalan 26 menit melalui gol-gol Zvjezdan Misimovic, Grafite and gol bunur diri Sebastian Proedl.

Pemain Werder Bremen Diego sempat memperkecil ketinggalan timnya pada menit ke-31. Namun Garfite dan Edin Dzeko menambah keunggulan Wolfsburg pada babak kedua.

Begitu pertandingan usai, ratusan suporter berhamburan ke lapangan untuk bergembira dan memeluk para pemain serta pelatih Wolfburg Felix Magath.

Wolfsburg, yang baru kali ini meraih gelar juara, menjadi tim pertama dalam sejarah Bundesliga yang punya dua striker dengan gol lebih dari 20 dalam satu musim. Grafite mencatat 28 gol, dan Dzeko 26 gol.

Wolfsburg, yang sebelum pertandingan kedua terakhir itu unggul dua poin di atas rival terdekatnya dalam klasemen, tidak mau membuang peluang meraih juara.

Mereka langsung menyerang dan mencetak gol melalui pemain tengah Misimovi di menit keenam. Ia menyambut bola hasil umupan silang datar pemain asal Jepang Makoto Hasebe.

Grafite membuat timnya unggul 2-0 pada menit ke-15 dengan sontekan bola umpan Christian Gentner.

Keterpurukan Werder dilengkapi oleh gol bunuh diri Proedl pada menit ke-26.

Setelah pemain Werder asal Brazil Diego mencetak gol, Grafite membuat Wolfsburg kembali unggul tiga gol ketika babak kedua baru berjalan sembilan menit melalui sundulannya. Pemain asal Bosnia Dzeko melengkapi kejayaan Wolfsburg dengan golnya di menit ke-74.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009