Medan (ANTARA) - Sebanyak 83 anak buah kapal (ABK) KM Kelud yang dinyatakan negatif COVID-19 berdasarkan hasil rapid test yang dilakukan di Pelabuhan Belawan Sumatera Utara pada Senin (13/4) malam dikarantina di atas kapal.
 
Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Medan Sumut Priagung Adhi Bawono yang dikonfirmasi Selasa menyebutkan total penumpang dan ABK KM Kelud yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Belawan berjumlah 121 orang.

Baca juga: Tiga ABK KM Kelud tiba di Belawan positif COVID-19
 
Dari hasil rapid test ditemukan 3 ABK positif COVID-19 dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Martha Friska Medan untuk diisolasi. Sementara 83 ABK lainnya menjalani proses karantina di atas kapal.
 
Dengan penambahan 3 orang tersebut, total ABK KM Kelud yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok dinyatakan positif COVID-19 berjumlah 43 orang.

Baca juga: Tiba di Belawan, penumpang KM Kelud jalani "rapid test" di atas kapal
 
Dimana 40 ABK dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani rapid test di Batam dan 3 lainnya di Pelabuhan Belawan.
 
"Untuk 35 penumpang yang tiba di Pelabuhan Belawan juga dinyatakan negatif COVID-19 dan karantina di PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III di Desa Sei Karang, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang," katanya.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020