Monte Carlo (ANTARA News/AFP) - Pimpinan kejuaraan dunia, Jenson Button meraih kemenangan kelima dari enam balapan musim ini ketika ia dengan mengendarai mobil Brawn GP menjuarai Grand Prix Monako, Minggu.

Pembalap Inggris berusia 29 tahun itu tampil sempurna ketika ia dan rekan satu timnya, Rubens Barrichello (37) menempati posisi pertama dan kedua untuk ketiga kalinya tahun ini.

Start dari posisi terdepan keempat kalinya musim ini dan ketujuh dalam karirnya, Button melesat dari start dan, trlepas dari interupsi singkatnya karena "pit-stop", terus memimoin di balapan tersebut.

"Yeah, Monaco baby!," teriaknya di radio mobil-ke-pits-nya setelah menjadi pembalap pertama sejak pembalap besar Jerman, Michael Schumacher di tahun 2006 untuk melengkapi hat-trick Grand Prix.

Kemenangan itu membuat Button mengumpulkan 51 poin di klasemen pembalap setelah enm dari 17 balapan di kejuaraan musim ini, sehingga memberinya keunggulan 16 poin atas Barrichello dan meningkatkan keuntungan tim Brawn di puncak klaseen konstruktor lebih dari 40 poin.

Kemenangan tersebut merupakan kemenangan pertama Button di Monako dan menjadikan kemenangan event klasik keenam Inggris di jalan raya Monte Carlo.

Duo Ferrari, Kimi Raikkonen dari Finlandia dan Felipe Massa dari Brasil, mempertahankan perbaikan tim Italia itu, sehubungan dengan start mengejutkan thun ini dengan finish di urutan ketiga dan keempat.

Pembalap Australia, Mark Webber finish di urutan kelima untuk Red Bull, setelah rekan satu timnya, Sebastian Vettel (21) dan pembalap Finlandia kelahiran Jerman, Nico Rosberg, putra mantan juara Keke, berada di urutan keenam untuk Williams.

Juara dunia dua kali dari Spanyol, Fernando Alonso, finish di urutan ketujuh untuk Renault, mengungguli Sebastien Bourdais dari Prancis.

Juara dunia bertahan, Lewis Hamilton dari Inggris, yang start dari barian terakhir, finis di urutn ke-13, sedangkan rekan satu timnya di McLaren-Mercedes, Heikki Kovalainen dari Finlandia melengkapi kekecewaan akhir pekan untuk mereka dengan mengalami kecelakaan pada putaran ketujuh.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009