Jakarta (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi DKI Jakarta mengungkapkan sebanyak 18 kelurahan di Jakarta menerima bantuan sosial (Bansos) untuk warga miskin dan rentan miskin terdampak COVID-19, pada hari Selasa.

"Bantuan sosial pada hari ini, Selasa, 14 April 2020, didistribusikan di 18 Kelurahan di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Kepulauan Seribu dengan total paket yang didistribusikan sebanyak 78.754 paket," ujar Catur Laswanto, dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi DKI Jakarta, dalam keterangan resminya, Selasa.

Bantuan yang diberikan berupa paket bahan pangan pokok, yaitu beras seberat lima kilogram, dua kaleng sarden kecil, minyak goreng, dua bungkus biskuit, serta masker kain sebanyak dua buah, serta sabun mandi sebanyak dua batang, dan tidak ada pemberian berupa uang tunai.

Baca juga: Kemensos terus salurkan bantuan sosial bagi warga DKI sejak 7 April

Baca juga: Dinsos DKI salurkan bantuan sosial pada delapan kecamatan

Baca juga: Satlantas Polrestro Jaksel salurkan sembako bantuan peduli COVID-19


"Bantuan sosial yang didistribusikan tersebut langsung diantar ke rumah warga. Sehingga, tidak ada warga yang berkumpul untuk mengambil bantuan, agar meminimalisir potensi penularan COVID-19," tambah Catur.

Pemprov DKI Jakarta menargetkan sebanyak 1.2 juta kepala keluarga rentan miskin dan miskin terdampak COVID-19 menerima bansos. Distribusi bansos itu pun telah dilakukan sejak 9 April 2020 dan dilakukan setiap hari hingga 24 April 2020 mendatang.

Program bansos ini bersumber dari realokasi anggaran APBD Provinsi DKI Jakarta. Meski demikian, masyarakat juga bisa terlibat memberikan bantuan berupa kebutuhan yang masih dibutuhkan seperti alat pelindung diri, masker, sarung tangan, disinfektan, dan natura.

Dukungan tersebut dapat langsung disampaikan ke Jakarta Development Collaboration Network (JDCN) melalui Sekretariat Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Provinsi DKI Jakarta, Balai Kota, Blok G Lantai 2 atau melalui kanal jdcn.jakarta.go.id dan Chat Center di nomor 081196000196 dan 081196000197.

Bagi masyarakat yang ingin menanyakan terkait program bansos dapat menghubungi call center Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta di nomor 4265115.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020